Entertainment

Alasan BTS Rilis Teaser Comeback di TikTok dan Bukan YouTube

Delima Pangaribuan

Posted on February 21st 2020

 
 
Teaser lagu baru biasanya ditampilkan sama artis di YouTube. Tapi kali ini, boy group BTS memakai cara yang berbeda. Alih-alih lewat video pendek YouTube, mereka pilih video super pendek di platform TikTok buat merilis teaser album dan lagu baru mereka. Tepat 12 jam sebelum album dirilis sore ini, Jumat (21/2) pukul 18.00 KST.
 
Setelah merilis teaser 30 detik, pengguna TikTok lainnya bisa mengunduh audio singkat itu dan menjadikannya latar belakang untuk kreasi video lain dengan tagar #ONchallenge. Menariknya, ada dua versi 'ON' yang akan dirilis BTS, yakni versi original dan featuring Sia. TikTok nggak menyediakan informasi versi mana yang mereka tunjukkan di teaser
 

Publik berpendapat bahwa ini adalah suatu gebrakan yang baru. Melansir Forbes, perwakilan dari TikTok sendiri bilang kalau BTS adalah artis pertama yang melakukan promosi lagu semacam ini. Hal ini tentu menjadi catatan sejarah buat aplikasi video singkat itu dan dunia musik sendiri. 
 
Forbes merinci perbedaan antara gaya promosi ini dengan promosi artis Barat pada umumnya. Biasanya, artis akan merilis dulu single demi single dan setelah sukses di pasaran, barulan mereka merilis dalam bentuk full album. Dengan tujuan supaya orang mau beli album itu karena sudah ada lagu-lagu familiar di dalamnya. 
 
Sementara BTS dan artis KPop lainnya lebih memilih cara memberi hint album baru mereka. Track list diumumkan dan diberi tahu mana yang jadi single utama, tapi nggak akan mengeluarkan lagunya sampai keseluruhan album selesai digarap. Metode ini memungkinkan artis untuk bisa produksi judul album atau extended play lebih banyak dalam setahun dibandingkan artis Barat.
 

Menurut mereka, metode yang dilakukan artis KPop ini justru bakal bikin penggemar lebih penasaran dan akhirnya mengeluarkan effort lebih untuk bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru dari musik para artis. Ketika sudah rilis pun, mereka benar-benar dikasih sesuatu yang baru sehingga penggemar lebih excited dan bisa mendengarkan album itu lebih lama.
 
Nah, kalau soal TikToknya, menurut para fans ini adalah salah satu strategi marketing baru ala Big Hit. Mereka nggak memilih rilis teaser di YouTube karena platform itu nantinya bakal digunakan untuk merilis MV panjangnya. Khawatirnya, begitu MV-nya keluar, sorotan teaser di YouTube akan menurun drastis dan penontonnya nggak signifikan. Atau bisa berlaku sebaliknya, penonton MV full nggak akan meningkat tajam karena rata-rata orang sudah menonton teaser-nya.
 
Biar konsentrasi di YouTube nggak pecah, teaser pun ditaruh di TikTok. Cocok dengan karakteristik aplikasi itu yang menampilkan video superpendek. Selain itu, pemanfaatan tagar dan challenge juga lebih efektif di aplikasi ini. Jedanya juga cukup lah buat menyambut album barunya, 12 jam sebelumnya. 
 
Baru beberapa jam saja, pengguna TikTok bertambah demi bisa menonton teaser BTS. Menurut catatan CNN, pengikut akun BTS di TikTok saat ini sudah mencapai 2,1 juta. Salah satunya diungkapkan akun Twitter @taerouge. "Aku nggak pernah berpikir akan melihat hari di mana diriku men-download TikTok. Hanya untuk BTS," cuitnya. (*)
Artikel Terkait
Entertainment
Masuk Billboard Hot 100, Lagu 'ON' BTS Duduki Peringkat 4!

Entertainment
7 Fakta yang Ditemukan ARMY di V-LIVE Comeback BTS 'Bo-Ra-Hae'

Entertainment
Billboard Kupas 5 Resep Rahasia Kejayaan BTS