Sport

Kisah Bill Russell, Pelatih Pertama NBA yang Berkulit Hitam

Ridho

Posted on February 20th 2020

Setelah membahas pemain kulit hitam pertama di laga NBA, kini kita beralih ke sosoo pelatih Afro-Amerika. 

Nah, di jajaran pelatih, ada nama Bill Russelle yang melegenda di NBA karena berhasil menjadi juara belasan kali. Ia merupakan pelatih kulit hitam pertama di NBA. Hanya Bill Russell yang memiliki 11 cincin juara NBA. Ia meraih semua gelar itu dalam 13 musim karirnya bersama Boston Celtics.

Jumlah cincin itu bahkan lebih banyak dari yang dimiliki Michael Jordan —pemain yang disebut sebagai greatest of all-time (terbaik sepanjang masa)— ketika berkarir di Chicago Bulls. Belum lagi Russell juga sempat meraih lima kali gelar pemain terbaik.

Maka, tidak heran jika pemain NBA di zaman yang lebih baru, seperti LeBron James, begitu menghormati kehadirannya.

Kisahnya berawal saat Hal DeJulio dari University of San Francisco menonton pertandingannya. DeJulio memang tidak tertarik dengan kemampuan Russell, tapi ia bisa mengendus lebih dalam pada bakat muda yang luar biasa.

Ia melihat Russell punya kegigihan yang membuatnya tergugah untuk merekrutnya ke sekolah tinggi. Ia pun menawarkan sang legenda itu dengan beasiswa.

Russell menerima tawaran itu tanpa pikir panjang. Ia paham betul bagaimana bola basket jadi satu-satunya jalan yang mampu mengeluarkannya dari jurang kemiskinan dan rasisme.

Deretan prestasi yang dihasilkannya, menjadi bukti betapa Amerika Serikat akan merugi andai DeJulio tak mampu mengendus bakat seorang Bill Russell kala itu.

Bill Russell bersama Red Auerbach ketika sama-sama membela Boston Celtics. Foto: Associated Press

Boston Celtics menunjuknya pada NBA Draft 1956 juga menjadi klub beruntung yang mampu melihat kehebatan Russell. Ia merasa senang ketika ia terpilih meski harus menempatkan dirinya di antara orang-orang kulit putih.

Suatu hari, ketika para All-Star NBA tur keliling Amerika Serikat pada 1958. Pemilik hotel yang berkulit putih menolak memberikan kamar pada Russell dan rekan-rekannya.

Sebelum bergulir pada 1961, di kesempatan lain Russell mendapat perlakuan serupa. Sebuah restoran menolak melayani mereka karena perbedaan rasial. Dua peristiwa itu sedikit-banyak menggambarkan betapa rasisme sedang panas-panasnya saat itu.  

Kendati begitu, perlakuan itu tak menyurutkan semangat Russell untuk terus berkiprah di liga profesional. Menurut laporan New York Times pada 1966, Ia disebut sebagai sebuah wujud kebanggaan dan kerja keras.

Kisah kepelatihannya berawal saat Red Auerbach, pelatih kepala Boston Celtics 1950-1966 memilih untuk mengosongkan tempatnya setelah pensiun. Hal itu bertujuan untuk membuat Bill Russell, anak asuhnya di Celtics dulu, naik ke posisinya dan menjadi kepala pelatih profesional berkulit hitam pertama di NBA.

Di tiga musim terakhir di Celtics, Russell tidak hanya menjadi pelatih, ia juga ikut bermain. Ia memenangkan 2 dari total 11 gelar juaranya sebagai pemain dan pelatih.(*)

Related Articles
Sport
Earl Lloyd, Pemain Pertama Berkulit Hitam di Laga NBA

Sport
Texas Western, Tim Kecil yang Mengubah Budaya Basket Amerika Serikat

Sport
Big Daws, Klay Thompson Palsu yang Kini Dilarang Nonton NBA Seumur Hidup