Sport

Tiap Februari, Amerika Serikat Peringati Black History Month

Ridho

Posted on February 20th 2020

Amerika Serikat memperingati Black History Month sepanjang Februari setiap tahunnya. Mereka mengenang tokoh-tokoh dan momen-momen penting itu lewat berbagai cara.

NBA pun tak luput memperingati bulan besar bagi sejarah orang-orang keturunan Afro-Amerika tersebut dengan caranya masing-masing. Ada pemain yang menggunakan sepatu khusus, ada pula yang mengenakan kaus bertuliskan equality (kesetaraan). Mereka menunjukkan semangat yang sama demi memperingati perjuangan-perjuangan kemanusiaan itu.

Black History Month ini adalah sebuah peringatan untuk mengingat tokoh dan momen penting dalam sejarah orang-orang keturunan Afrika. Kini peringatan itu bahkan telah sampai ke Kanada dan Eropa, seperti Britania Raya dan Belanda, untuk kemudian berdiaspora kembali ke seluruh penjuru dunia.

Di NBA, keturunan Afro-Amerika banyak menghiasi susunan pemain di setiap klub. Mereka bahkan cenderung menguasai jalannya permainan. Lebih dari satu dekade terakhir, pemain terbaik NBA berasal dari keturunan Afro-Amerika.

Black History Month pertama kali muncul pada 1926 di Amerika Serikat. Kala itu sejarawan Carter G. Woodson dan Association for the Study of African American Life and History (ASALH) mengumumkan minggu kedua Februari menjadi Pekan Sejarah Negro (Negro History Week).

Pekanitu dipilih karena bertepatan dengan ulang tahun Abraham Lincoln pada 12 Februari dan Frederick Douglass pada 14 Februari. Kedua tokoh itu berperan penting dalam sejarah Afro-Amerika.

Dalam NBA, ada beberapa orang keturunan Afro-Amerika yang punya peran penting. Sebut saja Earl Lloyd, Bill Russell, dan tentunya LeBron James. Bagaimana kisah mereka? Simak rangkuman berikut.(*)

- Sang Pemain Pertama Berkulit Hitam di Laga NBA, Earl Lloyd

- Kisah Bill Russell, Pelatih Pertama NBA yang Berkulit Hitam

- Texas Western, Tim Kecil yang Ubah Budaya Basket Amerika Serikat

Related Articles
Sport
Earl Lloyd, Pemain Pertama Berkulit Hitam di Laga NBA

Sport
Make-A-Wish Foundation dan NBA 2K20 Bikin William Floyd 'Bisa Main Basket'

Sport
Cita Rasa NBA di Pertandingan Basket Asian Games 2018