Current Issues

Tips Sukses UNBK 2020: Kuasai Materi, Terapkan Strategi Ini!

Vita Kartika

Posted on February 19th 2020

Tips Sukses UNBK 2020: Kuasai Materi, Terapkan Strategi Ini! (Popbela)

 

Countdown, countdown! Sudah tinggal berapa hari lagi nih menuju UNBK—atau Ujian Nasional Berbasis Komputer? UNBK atau yang disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Metode ini jelas berbeda banget dengan sistem ujian nasional yang lebih jadul, yaitu berbasis kertas pensil.

Dilansir dari data pada situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sejak pertama kali diuji coba pada tahun ajaran 2014-2015, UNBK yang berlangsung pada tahun ajaran kemarin telah diikuti oleh sebanyak 7.072.442 peserta yang berasal dari jenjang SMP, MTs, SMA, MA, dan SMK.

UNBK juga dinilai lebih efektif dan efisien, karena hasil jawaban akan langsung tersimpan sebagai data di sistem komputer. Selain itu, UNBK juga tidak boros kertas dan minim adanya kemungkinan masalah teknis, misalnya seperti arsiran yang kurang tebal, atau lembar jawaban yang basah.

Walaupun UNBK bukan satu-satunya penentu kelulusan, kalian pasti pengin dong, mendapatkan hasil yang paling maksimal. Lagipula, UNBK juga bisa dibilang kayak rangkuman akhir dari segala usahamu bersekolah selama tiga tahun belakangan. Gimana, makin semangat, kan? Atau malah makin stres?

Hehe, tenang dulu, mainmain.id sudah merangkum beberapa strategi yang bisa kamu lakukan biar kamu sukses di UNBK 2020 ini. Mau tahu?

Pahami Sistem Computer Based Test

UNBK semakin dekat, sudahkah kalian memahami sistem computer based test? (foto:Pikiran Rakyat)

Generasi Z nggak boleh gaptek! Kalau pengen sukses UNBK, kalian butuh lebih dari sekadar penguasaan materi. Percuma dong, kalau kalian bisa menjawab soal tapi nggak tahu gimana caranya input jawaban kalian dalam sistem di layar komputer di depan kalian?

Sebelum menghadapi warzone berupa UNBK, biasanya di tiap-tiap sekolah terlebih dahulu akan mengadakan simulasi UNBK. Kalian jangan sampai kelewatan simulasi ini, ya! Karena simulasi ini akan diselenggarakan persis seperti UNBK sesungguhnya, jadi kalian bisa membiasakan diri dulu dengan sistem computer-based test yang berlaku. Jangan sampai panik pas hari H!

Ketika melaksanakan UNBK, kalian juga harus punya time management skill yang baik. Kalau soal yang kalian jawab sudah terisi semua jawabannya, kalian bisa manfaatkan waktu yang tersisa buat memeriksa kembali lembar jawaban. Sebaliknya, jangan sampai tahu-tahu waktu sudah habis padahal masih ada soal yang belum terjawab. Nah, ini nih perbedaan yang paling krusial dari UNBK sama ujian pakai kertas, guys.

Kalau pas ujian pakai kertas kalian masih punya beberapa detik buat asal-asalan ngisi lembar jawaban sambil berdoa biar lucky, kalau di UNBK nggak bisa. Sistem di komputer akan otomatis tertutup ketika waktu habis. There’s no second chance. Jadi jangan sampai ada yang skip, ya!


Practice makes perfect

Persiapkan UNBK dari jauh-jauh hari (foto:Berita Banten)

Walaupun terdengan klise, tapi quote ini bener banget, lho. Soal-soal di UNBK tuh isinya materi dari kelas 1 sampai kelas 3. Mana bisa kamu belajar dengan maksimal kalau kalian masih pakai SKS—sistem kebut semalam? Persiapkan dirimu dari jauh-jauh hari.

Kalau perlu, bikin jadwal harian tentang materi pelajaran apa yang harus kalian pelajari hari ini. Sebagai panduan, kamu bisa menjadwalkan materi belajarmu sesuai kisi-kisi ujian nasional yang tiap tahunnya secara resmi dirilis oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP). Jadi, apa yang kalian pelajari sudah pasti sesuai dengan standar soal UNBK.

Meluangkan waktu satu sampai dua jam saja sudah cukup kok kalau kalian mencicil belajar sejak sekarang. Belajar juga bisa di mana aja, kok. Mau belajar sendiri di rumah, bikin kelompok belajar, ikut les di lembaga bimbingan belajar, les privat sendiri, bebas! Asalkan kalian nyaman.

Semangat, ya! Semoga sukses mengerjakan UNBK 2020 dan bisa mendapatkan hasil yang paling maksimal.


Related Articles
Current Issues
Berbahaya! Jangan Biasakan Pakai Sistem Kebut Semalam (SKS)

Current Issues
Ingat UN Tidak Dihapus! Malah Jadi Penentu PPDB Jalur Prestasi

Current Issues
Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, ini 5 Negara yang Nggak Kenal UN