Opinion

Makna Serius di Balik Lagu 'The Man' Taylor Swift

Kezia Kevina Harmoko

Posted on February 19th 2020

 

Taylor Swift, artis pop internasional tersebut merilis album barunya bertajuk 'Lover' pada Agustus 2019 lalu. Di antara semua lagu-lagunya yang asyik, lagu berjudul 'The Man' baru saja ia bawakan secara live di Paris. Nah, apa sih makna di balik lagu 'The Man' ini? Yuk, kita cari tahu!

 

 

Kalau dulu, lagu-lagu Taylor Swift identik dengan masa remaja yang indah, cinta monyet, dan putus cinta. Kali ini Taylor Swift menunjukkan sisi dewasanya dengan membahas satu topik hangat yaitu ketidaksetaraan gender. Di bagian chorus, terselip kalimat:

 

I'm so sick of running

As fast as I can

Wondering if I'd get there quicker

If I was a man

 

Nah, kalimat tersebut menunjukkan pendapat Taylor Swift tentang dunia pekerjaan yang seringkali tidak adil terhadap perempuan. Laki-laki lebih didahulukan untuk mendapatkan peningkatan jabatan, sedangkan perempuan tidak.

 

I'd be a fearless leader

I'd be an alpha type

When everyone believes ya

What's that like?

 

Di lirik bagian bridge tersebut keras sekali menunjukkan kalau perempuan itu juga bisa kok jadi pemimpin. Girls can be strong!

 

They'd say I hustled

Put in the work

They wouldn't shake their hands

And question how much of this I deserve

What I was wearing, if I was rude

Could all be separated from my good ideas and power moves

 

Bagian verse 2 ini kembali menggambarkan situasi kerja yang seringkali tidak adil terhadap perempuan. Penampilan perempuan seringkali menjadi cap negatif terhadap kemampuan diri. Ini salah banget lhoNever judge a book by its cover!

 

And we would toast to me oh, let the players play

I'd be just like Leo, in Saint-Tropez

 

Uniknya, Taylor menyentil nama Leo atau Leonardo DiCaprio di liriknya. Bukan tanpa arti lho. Leonardo DiCaprio sendiri adalah aktor tampan, terkenal, dan mapan. Saint-Tropez adalah salah satu kota yang sering dikunjungi Leonardo, nih. Jadi di sini Taylor Swift membandingkan dirinya dengan artis pria yang sangat sukses dan sering bepergian.

 

 

Itu dia bahasan dari sebagian lirik 'The Man' by Taylor Swift. Check juga deh lyric video "The Man" buat tahu lebih banyak tentang lirik lagunya!

 

 

Eits, jangan buru-buru mencap salah satu gender negatif ya! Kita semua manusia yang saling membutuhkan, jadi gak perlu untuk saling menjatuhkan. Kalau kamu, suka gak nih sama lagu 'The Man' ini? Let us know in the comment! (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Harry Styles dan Taylor Swift Punya Dua Lagu yang Judulnya Sama, Fans Senang

Entertainment
Film Dokumenter Taylor Swift yang Emosional Bakal Tayang di Netflix 2020

Entertainment
Taylor Swift Disebut Curi Konsep buat Album ‘Lover’ di Momen 3 Tahun Album