Interest

Sudah Resmi, Kini Bayar SPP Bisa Lewat GoPay. Begini Caranya!

Vita Kartika

Posted on February 18th 2020

GoBills, salah satu fitur layanan dalam aplikasi Gojek (Gojek)

 

Masih inget nggak, pas Nadiem Makarim, mantan CEO Gojek dilantik jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan? Waktu itu, langsung muncul banyak guyonan tentang Menteri paling muda di jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju ini. Salah satunya yang paling rame adalah tentang gimana nantinya bayar SPP bisa lewat GoPay. Guyonan ini langsung viral jadi meme di berbagai media sosial.

Sekarang, guyonan itu menjadi kenyataan! Melalui GoPay, sistem pembayaran digital milik Gojek, kalian kini bisa melakukan pembayaran uang SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) dengan mudah dan cepat

Caranya gampang banget. Kalian bisa langsung menuju menu GoBills di aplikasi Gojek. Lalu, pilih kategori “Schools” atau “Sekolah”. Dari list yang ada, kalian tinggal memilih sekolah atau instansi pendidikan yang dituju. Lantas, masukkan nomor induk siswa atau nomor identitas yang kalian miliki. Tinggal masukkan nominal tagihan, lakukan pembayaran dan verifikasi PIN, lalu pastikan bukti pembayaran telah diterima. Beres, deh!

 

Sudah resmi, kini bayar SPP bisa lewat GoPay. Mudah dan cepat! (Serba Web)

 

Dalam siaran resmi yang dirilis pada Senin (17/2) lalu, saat ini ada sekitar 180 lembaga pendidikan, mulai dari sekolah, madrasah, pesantren, hingga tempat kursus di seluruh Indonesia yang telah terdaftar sebagai mitra kerja GoBills. Nggak cuma bayar SPP saja, tapi kalian juga bisa melakukan pembayaran keperluan pendidikan lainnya, seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Dilansir dari Kumparan, Senior Vice President Sales GoPay Arno Tse menjelaskan bahwa fitur ini merupakan komitmen GoPay untuk terus menawarkan kemudahan dan kebebasan dalam bertransaksi. Harapannya, terobosan baru ini bisa meningkatkan loyalitas pengguna.

“Fitur ini akan sangat memudahkan para orangtua. Dengan adanya digitalisasi, nggak perlu lagi pergi ke sekolah untuk melakukan pembayaran SPP. Wali murid bisa fokus dengan kepentingan lain dan tanpa khawatir bisa membayar SPP di mana saja dan kapan saja melalui GoBills,” tutur Arno Tse.

Lebih lanjut, Arno Tse juga berharap layanan ini bisa menjangkau lebih banyak lagi lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. Dengan menerapkan pembayaran digital, lembaga pendidikan terkait bisa melakukan pencatatan transaksi keuangan yang lebih transparan, rapi, dan teratur.

 

Nadiem Makarim, mantan CEO Gojek yang kini menjabat sebagai Mendikbud (Brilio)

 

Sejak diluncurkan pada 2017, GoBills telah berkembang menjadi fitur lengkap yang memberi kemudahan dan kenyamanan untuk membayar berbagai jenis tagihan. Bukan cuma iuran pendidikan, tapi juga tagihan air, listrik, pulsa, BPJS Kesehatan, internet, TV kabel, asuransi, pajak hingga zakat.

Sebelumnya, isu tentang pembayaran SPP melalui GoPay ini sempat menuai kontra, salah satunya dari Wakil Ketua Komisi X Dede Yusuf. Dede mengatakan, Komisi X akan protes apabila pembayaran SPP melalui GoPay tersebut adalah berdasarkan instruksi Mendikbud Nadiem Makarim.

Karena kalau benar kayak gitu, bisa dibilang keputusan ini adalah penyalahgunaan kewenangan untuk kepentingan sendiri. Tapi sudah terbukti kok bahwa tidak ada penyalahgunaan seperti ini, jadi pembayaran SPP melalui GoPay dijamin aman dan legal. Yay, selamat mencoba bayar SPP lewat GoPay ya, guys! (*)

Related Articles
Interest
Wajib Kuliah Cuma 5 Semester? Ini Tanggapan Kampus

Interest
S1 Hanya Wajib 5 Semester, Mahasiswa Boleh Ambil Jurusan Lintas Prodi

Current Issues
Facebook Pay Bakal Masuk Indonesia, Ini Kelebihannya