Sport

On This Date: Selamat Ulang Tahun ke-57 MJ

Ridho

Posted on February 17th 2020

Nama Michael Jordan seakan tak ada matinya dalam dunia basket. Meski sudah pensiun, namun ia tetap melambung tinggi lewat beberapa karyanya baik dalam basket ataupun sepatu.

Hari ini, 17 Februari, MJ (sapaan Michael Jordan) menginjak usia 57 tahun. Di hari spesial ini, yuk sedikit flashback saat MJ masih aktif sebagai pemain.

Salah satu momen yang setidaknya sempat jadi bahan pembicaraan tentang MJ adalah ketika ia yang memecahkan papan pantul di Italia. Kejadian tersebut terjadi pada 1985, musim keduanya bermain di NBA.

Kejadian itu berlangsung di Kota Trieste. Saatitu Nike menjalani tur promosi dengan mengajak serta MJ. Di sana, pebasket lulusan UNC tersebut mengikuti laga tanding dengan tim setempat.

Laga eksebisi itu diikuti pemain basket terpilih di Italia. Momen yang jadi obrolan hangat terjadi saat MJ melakukan slam dunk. Ia tampak menahan badan sepersekian detik di ring sebelum akhirnya papan pantul itu pecah berserakan.

Di kawasan Eropa, basket belum begitu populer kala itu. Apalagi, Italia identik dengan negara sepak bola sehingga tak banyak penonton yang menyaksikan pertandingan eksebisi tersebut.

Oleh karena itu, kejadian ini tidak terpublikasi dengan baik mengingat tidak terjadi di NBA, yang memang sudah punya sorotan media deras sejak lama. Jadi bisa dimaklumi bila kejadian ini sempat hilang ditelan zaman.

Namun pada sekitaran 2005, mulai muncul video yang berisi rekaman kejadian tersebut. Dan, selang sepuluh tahun, Nike kemudian merilis Air Jordan 1 dengan warna oranye-putih-hitam yang dinamai “Shattered Backboard” (Papan pantul yang pecah).

Kombinasi warna tersebut diambil dari warna seragam tanding MJ di Italia. Saat itu, tim lawan memakai seragam berwarna putih. Legenda Bulls itu menggunakan seragam berbeda dalam laga itu. Pada dua kuarter pertama ia menggunakan jersey oranye. Lalu, di dua babak pamungkas ia berganti jersey putih.

Kini, momen pecahnya papan pantul jadi salah satu materi efektif dalam menampilkan sosok Michael Jordan. Hal tersebut tampak dari harga sepatu Air Jordan 1 “Shattered Backboard” yang cukup tinggi di pasaran. Edisi pertama yang dirilis 2015 harganya sudah mencapai angka USD 1000. Harga itu dilansir dari situs StockX, Grailed, dan eBay.(*)

 Baca juga: Michael Jordan Persembahkan Jersey Bunga untuk Kobe Bryant

Related Articles
Sport
'The Last Dance' Sukses, Lakers Siapkan Dokumenter Kobe Bryant

Sport
5 Momen Sensasional Michael Jordan ini Tak Akan Dilupakan Sejarah Basket Dunia

Sport
Menurut Matt Barnes, Kobe Bryant dan Michael Jordan Sama