Entertainment

Seperti Live Aid 1985, Queen Tampil di Konser Fight Fire Australia

Surya Dipa Nusantara

Posted on February 17th 2020

Jika kalian telah menonton film biografi Queen: Bohemian Rhapsody, salah satu momentum yang menancap di kepala adalah saat konser Live Aids 1985. Saat itu, bersama puluhan rockstar lainnya, Freddy Mercury dan kolega ambil bagian dalam sebuah konser amal yang seluruh profitnya disumbangkan untuk Afrika. Pada 2020, mereka mencoba formula serupa untuk menyumbang korban kebakaran hutan Australia.

Meskipun tampil tanpa Freddie, Queen mendapuk Adam Lambert, seorang penyanyi muda jebolan American Idol, untuk menjadi vokalis. Mereka memainkan set sepanjang 22 menit. Berkat penampilan Queen di konser bertajuk Fight Fire itu, aliran dana sumbangan pun mengalir deras. Selama sepuluh jam, total bantuan yang masuk mencapai 10 juta USD.

“Ini adalah bentuk solidaritas warga Australia. Ketika orang-orang di atas (pemerintahan) ogah mendengar, kami melakukan gerakan sendiri,” ujar Celeste Barber, pembawa acara konser ini.

Amuk kebakaran hutan Australia hingga saat ini telah menelan jutaan hektar, dan menewaskan 33 korban jiwa. Belum lagi di negara sekitarannya. New South Wales, misalnya. Sebesar 11 juta hektar lahan lenyap dimakan api. Sementara kabut asap pekat menyelemuti daerah mereka lebih dari dua pekan.

Meskipun Australia telah akrab dengan kebakaran hutan, namun awal 2020 adalah yang kebakaran terparah yang pernah mereka alami. Maka, wajar jika Perdana Menteri mereka, Scott Morrison, mendapat protes yang cukup keras dari warga.

Dalam penampilannya kali ini, Queen membawakan nomor-nomor terbaiknya seperti Love of My Life, Bohemian Rhapsody, Radio Ga Ga, hingga Killer Queen. Adam Lambert mengaku senang sekali bisa tampil dengan band yang ia idolakan, sekaligus bergerak untuk kemanusiaan. Lambert sebelumnya juga pernah berbagi panggung dengan Queen di acara reunian mereka pada 2018 silam. “Ini seperti mimpi bagiku,” tutur Lambert.

Selain Queen, nama-nama band lawas seperti Alice Cooper, Delta Goodrem, 5 Seconds of Summer, hingga aktris kawakan Australia, Celeste Barber, juga turut ambil bagian dalam konser amal tersebut. Kelak, dana akan disalurkan kepada warga terdampak untuk merenovasi rumah, sekaligus biaya rumah sakit para korban bencana.(*)

Related Articles
Entertainment
Baskara Putra a.k.a Hindia Akui Bandnya, Feast. Biasa Saja

Current Issues
Imbas Kebakaran Australia, WWF Sebut Koala Terancam Punah pada Tahun 2050

Current Issues
#PrayForAustralia: Status Darurat Kebakaran Ditetapkan Mulai 3 Januari 2020