Sport

On This Date: 16 Februari 1972 Wilt Chamberlain yang Pertama Cetak 30.000 Poin

Mainmain.id

Posted on February 16th 2020


source: LAnation

Pecinta NBA tentu familiar dengan nama Wilt Chamberlain. Mungkin generasi millenial tak banyak melihat langsung permainannya, tapi mengenal nama besar Wilt dari torehan sejarahnya di NBA.

Yup, pria yang juga salah satu legenda LA Lakers ini memang pemain fenomenal. Dia kerap mencetak 100 poin dalam setiap permainan. Rata-rata poin yang diraih dalam satu musim bisa tembus 50 poin. Plus 25 rebounds

Rekor lain yang luar biasa adalah Wilt merupakan pemain NBA pertama yang berhasil mengemas total 30.000 poin. Capaian itu terjadi tepat tanggal ini, 16 Februari. Tepatnya pada 1972.

Pada tanggal itu, Wilt berlaga membela Lakers melawan Phoenix Suns. Laga itu berkesudahan dengan skor 110-109 untuk kemenangan Suns. Meskipun kalah, di laga itu Wilt bisa mencetak 19 poin.

Poin itu lah yang menggenapi catatan perolehan 30.000 poin sepanjang karir Wilt. Dia lah orang pertama di NBA yang mencatatkan rekor tersebut.

Dikutip dari Lakernation, laga itu Wilt memang tak banyak mencetak skor. Sebab, pelatihnya Bill Sharman lebih memintanya fokus pada pertahanan dan melakukan rebound.

Di akhir karirnya, Wilt total mengemas 31.419 poin. Dalam sejarah NBA --hingga saat ini-- Wilt menempati posisi ketujuh sebagai pencetak poin terbanyak di NBA. (Selengkapnya lihat grafis di bawah).(*)

 
Update: Grafis di atas dibuat saat Lebron James berhasil menyalip capaian Kobe Bryant. Point Lebron James saat ini 33.817

  
Related Articles
Sport
On This Date: KD Raih Gelar Regular Season Scoring Title di Usia 21 Tahun

Sport
On This Date: 5 April 1984 Kareem Abdul Jabbar Pecahkan Rekor Poin Terbanyak NBA

Current Issues
On This Date: 30 Januari 2018, James Harden Catat Rekor Triple Double Terbesar