Interest

Yang Harus Diperhatikan untuk Memulai Bikin Podcast

Hani Ayu Rahmatiah

Posted on February 16th 2020

Sejak akhir 2019, sudah banyak pakar media sosial yang yakin podcast akan menjadi "platform" masa depan. Bahkan, di awal 2020 ini, sudah beredar kabar bahwa tahun depan bakal ada Oscar-nya podcast, yang digelar oleh Podcast Academy.

Nah, buat kamu yang serius mau mulai bikin kanal podcast, ini gear terbaik yang mesti kamu punya!

1. Mikrofon Terbaik
Podcaster yang baik tentu adalah mereka berusaha membuat pendengarnya menikmati karya mereka. Meskipun terlihat sepele, pemilihan mikrofon untuk podcast emang gak bisa sembarangan. Siapa yang betah dengerin audio cempreng atau noisy lama-lama coba?

Oleh sebab itu mikrofon yang bagus biasanya bisa bikin suaramu lebih smooth dan gak noisy. Satu yang terbaik ialah Blue Yeti USB Microphone. Nah, dalam pembelian mikrofon ini, kalau mau hemat --daripada beli yang gak ori-- mending beli yang preloved aja ya.

2. Pilih Aplikasi Audio Editing
Proses post-production juga berlaku di podcast nih. Biar karyamu makin enak didenger, tentunya kamu butuh aplikasi audio editing. Yang paling asik emang Adobe Audition. Cuma kamu mesti spent USD 240 pertahun. Tapi untuk yang free, kamu bisa coba pakai Avid's Pro Tool atau Anchor.

3. Headphones
Headphone yang bagus tentu berguna banget buat kamu ngereview hasil rekaman suaramu. Headphone yang kamu butuhkan untuk podcast adalah headphone yang "jujur" kaya Sony MDR-7506. Biar kamu bisa mendeteksi noise atau minus-minusnya hasil podcast-mu selama proses editing.

4. Tempat Rekaman
Meski udah pake mikrofon yang bagus atau aplikasi editing yang super keren, satu hal yang ngaruh banget sama hasil rekaman podcast-mu adalah tempat rekamannya. Bahkan, ada baiknya meja tempat mikrofonmu berdiri mesti dialasin kain dan busa terlebih dahulu biar suaranya bisa menyerap dan gak mantul gitu. Usahakan juga kamu punya ruangan khusus yang sepi dan senyap, biar gak ada banyak noise yang harus dibuang.

5. Pilih Podcasting Service
Ada banyak podcasting service yang bisa kamu pilih sebagai kanal mengunggah hasil podcast-mu. Seperti iTunes dan Spotify. Tapi saat ini ada banyak podcaster yang juga menggunakan YouTube sebagai platform mereka menerbitkan podcast-nya. Tentunya hal ini dilakukan untuk mendapatkan feedback yang mereka inginkan. YouTube juga menjadi kanal pilihan dikarenakan peluang monetize-nya yang lebih mudah dan besar dibanding platform lainnya.

Nah, kalo gear-nya udah selengkap dan sebagus itu, kini tinggal kalian pikirin kontennya dan mulai deh. Selamat mencoba!

Related Articles
Tech
Spotify Uji Coba Video Podcast untuk Pertama Kalinya, Saingi YouTube?

Current Issues
List Buku, Podcast, dan Instagram yang Cocok Buat Antidiet

Entertainment
Cari Hiburan untuk Ngisi Waktu di Rumah? Dengerin 6 Podcast Keren Ini