Interest

Coronavirus Bikin Tencent Gelontor Free Trial Gamenya untuk Warga Tiongkok

Mainmain.id

Posted on February 15th 2020

Coronavirus membuat aktivitas warga Tiongkok sangat terganggu. Mereka kebanyakan memilih berdiam diri di rumah untuk menghindari wabah coronavirus. Akhirnya tak sedikit dari mereka yang menyalurkan kebosanannya dengan bermain games. 

Produsen games Tencent melihat hal ini sebagai peluang. Mereka menyediakan free trial selama dua jam untuk 55 game untuk PC. Free trial itu bisa didapat lewat WeGame. Sebuah toko game online milik Tencent yang tak ubahnya Steam. WeGame sendiri telah memiliki 70 juta pengguna.

Permainan yang ditawarkan dalam program free trial oleh Tencent kebanyakan game lokal. Seperti My Time at Portia dan Chinese Parents. Tapi beberapa game Barat juga ditawarkan, seperti misalnya Subnautica dan Hitman Go.

Ngegame memang jadi cara utama warga Tiongkok untuk menghilangkan kebosanan terkurung di rumah. Jumlah pengguna untuk beberapa jenis game pun mendadak melonjak. Bahkan sampai membuat server beberapa game tumbang, saking overload-nya.

Hal semacam itu menimpa juga game-game milik Tencent. Sebut saja PUBG-nya Tiongkok, Game for Peace. Akhir Januari lalu game tersebut sempat tidak bisa diakses karena lonjakan trafik yang diterima server tak bisa dipenuhi.

Baru-baru ini, game Tencent lainnya Honor of Kings --versi lokal dari Arena of Valor (AoV)-- juga sempat tumbang. Beberapa pemain mengeluh tidak bisa terhubung dengan server setelah adanya lonjakan trafik.

Lonjakan pemain harian Honor of Kings beberapa waktu belakangan memang sangat tinggi. Berdasarkan data dari Nomura dan Sinolinks Securities, ada lebih dari 100 juta gamer yang login setiap harinya. Angka itu melonjak drastis, sebab sebelumnya hanya 60 juta gamer yang login tiap harinya.(*)

 
Related Articles
Interest
Update Laporan dari Wuhan: Hari ke-6, Kota Masih Diisolasi

Interest
Antisipasi Penyebaran Coronavirus, Disneyland Ditutup Sementara

Interest
Server PUBG Mobile Jebol Akibat Coronavirus, Kok Bisa?