Pop-Sci

On This Date: 14 Februari 2005, YouTube Bermula dari Situs Kencan Online

I Kadek Wira Aditya

Posted on February 14th 2020

Tepat 15 Tahun yang lalu, tiga karyawan start up PayPal, Chad Hurley, Steve Chan, dan Jawed Karim mendirikan YouTube di sebuah restoran pizza di San Mateo, California. Platform tersebut kemudian memulai dengan internet domain-nya di www.youtube.com. Adapun Chad Hurlet menjadi CEO di awal peluncurannya.

 

 

Dilansir oleh Business Insider, platform yang diakses lebih dari 2 miliar penggunanya per bulan ini sengaja diluncurkan bertepatan dengan Hari Valentine. YouTube sendiri oleh mereka ditujukan menjadi situs kencan online dengan menawarkan fasilitas video untuk penggunanya. Tentunya fasilitas tersebut digunakan untuk memudahkan mereka dalam mencari pasangan dari video yang diupload dan dapat ditonton pengguna YouTube lainnya.

Diungkapkan Jawed Karim, salah satu founder-nya, setelah satu bulan peluncuran YouTube tidak terlalu mulus karena penggunanya tidak terlalu berminat melakukan hal tersebut. Ditambah lagi, penggunanya juga perlu mengeluarkan USD 20 per unggah video ke YouTube yang menjadi alasan kurangnya minat.

 

Jared Karim di video pertama Youtube berjudul Me At The Zoo (YouTube)

 

YouTube kemudian berubah menjadi situs yang memungkinkan penggunanya berbagi bermacam-macam video secara gratis (free video-sharing platform) pada April 2005. YouTube memulai perubahannya lewat video pertama yang diunggah sendiri oleh Jared Karim berjudul Me At The Zoo.

Video tersebut menggambarkan dirinya sedang menyaksikan gajah di San Diego Zoo. Lantas, bertahap kemudian pengguna YouTube lainnya mulai mengunggah beragam video lainnya sesuai minat.

Masih di tahun yang sama, YouTube mulai mencapai keberhasilannya. Video Ronaldinho yang sedang memakai sepatu baru Nike menjadi viral dan mencapai 1 juta view pertama kali.

Hasil tersebut kemudian mengantarkan YouTube mendapatkan investor Suqoila Capital. Google kemudian membeli YouTube setahun kemudian dari Suqoila Capital dan mendapat kepemilikan penuh. (*)

Related Articles
Pop-Sci
Asal Usul Nama Hewan di Sistem Shio, Gimana tuh?

Pop-Sci
On This Day: Fonograf, Nenek Moyang Pemutar Musik Dipatenkan

Pop-Sci
Pemerintah Italia Pugar Habis-habisan Kota Bersejarah Bernama Pompeii

 

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda