Current Issues

Pemandangan Nyata Lokasi Syuting Film 'Parasite'

Regina

Posted on February 13th 2020

Film ‘Parasite’ menjadi satu-satunya film Asia yang menang banyak penghargaan di Oscar. Karya Bong Joon Ho ini menceritakan kisah perjuangan kelas di Korea Selatan.

Kisah keluarga kaya Park dan keluarga miskin Kim itu mencerminkan potret kesenjangan ekonomi di negara Korea Selatan. Mereka yang terlahir di keluarga miskin tidak memiliki rumah layak -- mereka mengidentifikasikan kelasnya sebagai ‘sendok kotor’, sedang keluarga kaya adalah ‘sendok perak’.

 

Kota Ahyeong-dong

Supermarket Pig Rice (Travel Tempo)

 

Melansir Reuters, pengambilan gambar itu dilakukan di sebuah lokasi yang dibangun khusus. Namun, cerita dari keluarga Kim dan Park berawal dari potret nyata di ibu kota Korea Selatan.

Dalam beberapa adegan di film ‘Parasite’, muncul sebuah kota bernama Ahyeon-dong. Kota itu merupakan kota kumuh di dekat pusat Seoul, Korea Selatan. Kota itu muncul beberapa kali saat menggambarkan kehidupan keluarga Kim.

 

Tangga-Tangga Untuk Mencapai Rumah (Travel Tempo)

 

Jalanan kota Ahyeon-dong sangat curam karena terletak di lereng bukit dekat stasiun kereta api utama. Banyak di antara mereka memiliki tangga panjang untuk mencapai rumah masing-masing.

“Menonton film itu membuat saya merasa [para tim pembuat film ‘Parasit’] menceritakan kisah kehidupan saya,” kata Lee Jong-sik, pemilik Supermarket ‘Pig Rice’ - supermarket yang ditampilkan di film.

Kota itu dipenuhi oleh orang-orang usia lanjut, sedikit sekali pasangan muda dan anak-anak. Banyak para pembeli di toko itu, membeli ramen dan alkohol.

“Orang-orang tidak ada yang kaya di sini, paling mereka membeli ramen dan alkohol,” ujarnya.

Keluarga Kim dalam film ‘Parasite’ tinggal di sub-basement - merupakan apartemen-apartemen gelap yang dibangun di bawah tanah. Penduduk mengatakan sewa sub-basement sudah meningkat menjadi sekitar USD 340 perbulan, angka ini naik dua kali lipat dalam dua dekade.

Semenjak film ‘Parasite’ booming banyak investor yang ingin membangun apartemen di kota tersebut. Para warga yang tinggal di kota Ahyeon-dong melakukan protes karena mereka takut kehilangan rumah mereka untuk pembangunan apartemen.

Ketika ‘Parasite’ menang Oscar, pemilik toko itu tidak bisa tidur karena bertanya-tanya apakah ketenaran film itu akan mendatangkan banyak investor yang akan membangun apartemen di kotanya.

 

Beverly Hills Korea

Beverly Hills Korea (Arch Daily)

 

Sebaliknya, kota tempat tinggal Park yang kaya mengambil lokasi syuting di Seongbuk-dong. Area tersebut dikenal sebagai Beverly Hills-nya Korea Selatan. Di sana merupakan lingkungan para pebisnis dan diplomat tinggal. Tak seperti Ahyeon-dong, jalanan di Seongbuk-dong bersih dari sampah dan hampir sunyi. Sebagian besar rumah berada di balik tembok tinggi, pagar berduri dan kamera keamanan di setiap gerbang.

“Rumah-rumah di sini adalah tempat tinggal yang mewah,” ujar CEO Agen Perumahan, Chung Han-sool. “Sebagian besar rumah memiliki ruang bawah tanah dan mereka menggunakannya untuk bar rumah atau teater mini,” jelasnya lagi.

 

Perumahan di Seongbuk-dong (Architizer)

 

Menurut broker real estate, rumah di daerah tersebut dihargai 7 miliar won. Kebanyakan rumah disewakan untuk diplomat asing seharga 10-15 juta won sebulan. “Ada 48 duta besar yang tinggal di lingkungan itu, jadi ada regu polisi terpisah di daerah itu,” sambung Chung. (*)

 

Related Articles
Portrait
Kisah Bong Joon-Ho 'Parasite', Jual Donat Sambil Sekolah demi Kamera Pertamanya

Entertainment
Pemain 'Parasite' Dominasi Peringkat Atas Ranking Reputasi Bintang Film Korea

Entertainment
Miniseri 'Parasite' Diperebutkan HBO dan Netflix