Entertainment

Iksan Skuter Rilis Buku Pertama Berjudul 'Bingung'

Surya Dipa Nusantara

Posted on February 13th 2020

Kerap kali, berbicara mengenai Iksan Skuter tak pernah bisa lepas dengan gitar bolong, suara parau, dan lagu-lagu ber-chord sederhana yang menyoal perkara keseharian. Mulai dari hari-hari intim dari judul berjudul Bapak. Ode perkoncoan lewat lagu Rindu Sahabat. Hingga tuntutan kemanusiaan dalam Papua Kucinta. Namun, pernahkah kalian membayangkan apa jadinya jika Iksan Skuter menulis buku?

Ya, ia akan menulis buku pertama bertajuk Bingung. Buku ini akan diterbitkan oleh Warning Books. dan dirayakan pesat peluncurannya tepat pada hari Valentine, 14 Februari 2020. Buku tersebut berisi antologi lirik yang selama ini ia tulis di lagu-lagunya. Juga kisah-kisah kecil yang mengiringi proses penciptaan kekaryaan tersebut. Bingung adalah salah satu repetoar paling mahsyur milik Iksan Skuter. Ia mengaku, judul tersebut terasa pas untuk mereprestasikan semangat kekaryaanya.

“Aku merasa di kehidupan ini semakin terasing. Kembara yang begitu jauh membuat aku menemukan banyak ketidaksesuaian. Mulai dari urusan politik, perampasan lahan, dan pembangunan yang tak tepat sasaran. Hingga kehidupanku sebagai orang tua yang kian resah,” ujar Iksan Skuter kepada mainmain. Sekaligus, baginya, buku ini penting bagi milestone pengarsipan kekaryaannya. “Aku bisa membaca diriku sendiri lewat apa yang selama ini yang kutulis,” imbuhnya.

Nantinya, Iksan akan melakukan tur diskusi buku dari kota ke kota. Namun, ia memilih memulainya dari Yogyakarta. Bersama Jason Ranti, Sisir Tanah, Kopibasi, dan Umar Haen, Iksan akan merayakan kelahiran ‘anak rohani’ pertamanya di IFI-LIP Yogyakarta.

Kelindan antara literasi dan musik memang sudah akrab. Sebelum Iksan, Bob Dylan memulainya lebih dulu. Dengan mengarsipkan seluruh lirik yang ditulisnya mulai tahun 1962-1985. Nama Dylan akhirnya menuai apresiasi berupa penganugerahan Nobel Prize pada 2016 lalu. Tentu saja, hal itu meraup perdebatan yang tak kalah sengitnya. Semoga, Iksan Skuter pun demikian. Lewat Bingung,ia akan mencairkan sekat sekaligus memberi warna baru bagi kancah musik dan literasi.(*)

Related Articles
Entertainment
Penggemar Novel NKCTHI, Ayo Serbu Bioskop 9 Januari 2020

Entertainment
Hari ini dibuka! 4 Fakta Yang Harus Diketahui Tentang Big Bad Wolf

Entertainment
5 Buku Ini Cocok Menjadi Temanmu Menghabiskan Liburan

 

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda