Sport

Selamat Ulang Tahun ke-60 Wasit Plontos Super Tegas, Pierluigi Collina

Wasit Legendaris Peraih 6 Kali Gelar Wasit Terbaik FIFA

Damian

Posted on February 13th 2020

Kalian penikmat Liga Italia atau kompetisi sepak bola Eropa di era 2000-an pasti bakal tahu ada wasit super tegas. Penampilannya unik, kepalanya plontos. Yup, dialah Pierluigi Collina. Salah satu wasit legendaris dunia itu hari ini, 13 Februari, berulang tahun tepat ke-60. 

Di usianya yang sudah menua itu, Collina masih mengurus dunia sepak bola, loh. Memang tak lagi menjadi wasit di lapangan hijau. Tapi tenaganya tercurahkan sebagai ketua komite Wasit FIFA dan UEFA. Tugas komite wasit salah satunya mengurusi sejumlah persoalan wasit.

Sepanjang karirnya, Collina sering memimpin pertandingan yang menyorot mata dunia. Tidak hanya pertandingan besar di Liga Italia. Tapi juga event-event di Eropa atau dunia. 

Misalnya, final Piala Dunia 2002, antara Brasil versus Jerman. Final Liga Champions 1999, Manchester United versus Bayern Munchen. Terkakhir, pertandingan final Valencia dan Olympique Marseille pada 2004 di laga UEFA. Di tahun itu, dia memimpin turnamen besar terakhir kalinya. Sebab pada 2005, Collina memutuskan pensiun.

Segudang prestasi pun diraihnya saat menjadi wasit internasional. Bahkan, prestasi itu tampaknya sulit dikalahkan oleh wasit lainnya. Maklum, selama menjadi wasit, dia menyabet gelar wasit terbaik dunia selama enam tahun berturut- turut dari FIFA. Mulai dari 1998-2003.

Prestasi itulah yang membuat Collina sangat dikenal di dunia sepak bola. Apalagi sebagai wasit, dia memang galak dan tak ragu memberikan kartu merah. Jika ada yang melawannya atau memprotes, Collina lebih kejam. Dia berani menantang sang pemain. Makanya, Collina disegani oleh para pemain.

Saking terkenalnya, sosoknya pun digunakan sebagai cover games di Pro Evolution Soccer 3 dan 4. Selain itu, dia juga muncul dalam iklan Mastercard dan Adiddas selama Piala Dunia 2006. Maka tak salah, jika dunia menyebutnya sebagai wasit terbaik sepanjang masa.(*)

Related Articles
Sport
Uston Nawawi dan Keberhasilannya Bawa Gen Z Persebaya jadi Juara

Sport
Hasil Drawing Euro 2020: Perang Dingin Terjadi di Grup F

Sport
Zahra Muzdalifah, Striker Timnas Yang Membuktikan Cewek Juga Bisa Main Bola

 

Quote Of The Day

Idealisme adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki oleh pemuda