Interest

Pria ini Nekat Bakar Gereja demi Raih Kepopuleran di Skena Black Metal

Surya Dipa Nusantara

Posted on February 11th 2020

 

Seorang pemuda berusia 22 tahun, diancam hukuman sepuluh hingga tujuh puluh tahun penjara karena kelakuan liarnya. Pria tersebut adalah, Holden Matthews. Motif utama pembakaran tiga gereja di kota Louisana, Amerika Serikat, adalah semata untuk mendulang popularitas di kalangan penggemar black metal.

Matthews adalah anak seorang polisi di sekitar Louisana. Menurut pengakuannya kepada jaksa, ia geram lantaran karakter keagamaan di area tempat tinggalnya, kerap merugikan komunitas yang dinaungi oleh Matthews.

Pada hari Senin (10/2), Matthews mengakui bahwa ia bertanggung jawab terhadap perusakan gereja di Louisana, dan kota-kota di sekitarnya. Jumlahnya kira-kira ada 10 gereja. Namun, yang betul-betul lenyap dilahap si jago merah terhitung tiga.

Dalam aksi penyerangan ini, tak ada korban jiwa. Karena, Matthews selalu melakukannya pada dini hari, saat seisi gereja kosong dan menunggu penjaga terlelap.

Setelah ia berhasil membakar, Matthew akan merekamnya dan mengunggahnya di akun Facebook pribadinya. Tujuannya, adalah untuk menarik simpati dari penggemar black metal lainnya, agar ia dianggap sebagai seorang true atau purist.

 

 

Sebetulnya ini bukan kali pertama. Pada era 1980an, saat second wave black metal tengah bersemi di Norwegia, ritual serupa juga pernah dilakukan oleh Varg Vikerness, personel semata wayang band Burzum. Bersama para arsonist—suku asli Norwegia—Varg telah membakar sekitar 50 gereja.

Tak hanya membakar gereja, Varg juga terlibat dalam pembunuhan gitaris dari band Mayhem, Euronymous. Oleh karena itu, ia akhirnya melahirkan beberapa album dari Burzum lewat balik jeruji besi.

Disinyalir, Matthews melakukan aksi ini pasca menonton kisah hidup Varg Vikerness yang baru saja difilmkan dengan judul Lord of Chaos (2019). (*)

 

 

Related Articles
Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
5 Promo Valentine Kafe sampai Tempat Ngopi di Surabaya!

Interest
Hore! Game Moba Lokapala Made in Indonesia Sudah Bisa Dimainkan, Tapi Kok...