Entertainment

YG Trademark Nama Lisa BLACKPINK untuk Merek Dagang, Fans Justru Khawatir

Regina

Posted on February 10th 2020

Nama Asli Lisa BLACKPINK Dijadikan Merek Dagang (@blackpinkofficial)

 

Rupanya kerja sama YG Entertaiment terhadap anak asuhnya, BLACKPINK kian serius. Tidak hanya bertanggung jawab dalam pembuatan lagu dan album, pihak agensi kini melebarkan sayap BLACKPINK - terutama Lisa. Dilansir dari Koreaboo, YG Entertainment baru saja mengajukan trademark nama Lisa BLACKPINK.

Namun, nama yang diajukan bukan nama panggungnya, melainkan nama aslinya, Lalisa Manobal. Pengajuan itu mengambil nama keluarga dan nama lengkapnya secara hukum. Pengajuan ini ditujukan untuk mendaftarkan merek dagang atas nama Lisa BLACKPINK. Tentunya merek dagang itu untuk keperluan merchandising, termasuk menciptakan merek untuk pakaian siap pakai, syal leher, dan pakaian dalam.

Pengajuan nama itu menimbulkan pertanyaan. Ya, nama asli Lisa dikenal dengan Lisa Manoban. Ternyata, pengejaan yang benar adalah Manobal. Sedangkan Manoban merupakan ejaan fonetik.

Belum diketahui pasti mengapa Lisa yang dipilih untuk didaftarkan namanya sebagai merek dagang. Apakah mungkin karena memperhitungkan sosok Lisa yang fenomenal. Mengingat tahun 2019 lalu, Lisa memenangkan penghargaan sebagai ‘Most Popular of The Year’ versi agensi di Thailand, THE STANDARD. Sosok Lisa menjadi idola bagi 3 juta warga di Thailand, dan dinilai sebagai sosok ikon fesyen berpengaruh di dunia.

“[Lisa] sangat fenomenal. Dia mulai tahun ini [2019] dengan lagu ‘Kill This Love’. Dan dia masuk sebagai salah satu ikon fesyen berpengaruh dunia,” ujar THE STANDARD.

Selain itu, dia juga dinobatkan sebagai Most Influential Fashion Icon, dan Asia Most Beautiful Woman, serta Most Beautiful Faces versi TC Candler.

Tetapi, netizen banyak yang tidak setuju bila nama Lisa dibeli untuk merek dagang.

"Ya, YGEnt bermain kotor pada Lisa. Nantinya Lisa tidak dapat menggunakan namanya sendiri kalau dia keluar dari agensi itu. Semoga Lisa sudah memperhitungkan dan tahu tentang masalah sebelumnya tentang ini," ujar @lisalilifilm.

Sebelumnya meski tidak serupa, G-Dragon dan Taeyang kehilangan hak atas nama artis mereka bila mereka tidak memperpanjang kontrak dengan YG Entertainment. 

Ada pula netizen lain yang mencibir YG Entertaiment yang hanya mengincar Lisa karena pihak agensi tahu Lisa sangat berpotensial di dunia hiburan.

"Mereka tahu kalau Lisa idola K-Pop paling powerful, jadi mereka tidak ingin Lisa lepas begitu saja," ujar @BLACKPINKGOMEZ

Wah, bagaimana menurut kalian? (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Lisa 'BLACKPINK' Cerita Pengalaman Horor Saat Bermain di Kamar Jisoo

Interest
Penampilan Baru Lisa 'BLACKPINK' Mirip Nia Ramadhani?

Entertainment
BLINK Curiga YG Tolak Kolaborasi Rose BLACKPINK dan Gallant