Entertainment

Oscar 2020: Joaquin Phoenix Menang Best Actor, 'Joker' Raih Best Original Score

Vita Kartika

Posted on February 10th 2020

Joaquin Phoenix saat menyampaikan pidato kemenangannya sebagai Best Actor dalam ajang Oscar 2020 (The New York Post)

 

Salah satu film yang menjadi perbincangan dalam pagelaran Oscar 2020 adalah Joker. Bagaimana tidak, film ini mendapatkan 11 nominasi Oscar sekaligus! Angka ini menjadikan Joker sebagai film adaptasi komik dengan nominasi Oscar terbanyak.

Joker ‘pecah telur’ memenangkan kategori Best Original Score, mengalahkan Little Women, Marriage Story, 1917, dan Star Wars: The Rise of Skywalker.

Tak lama berselang, Joaquin Phoenix, pemeran tokoh utama Joker, berhasil memenangkan kategori Best Actor dalam Oscar 2020. Sebelumnya, pada Golden Globe 2020, Joker pun memenangkan kategori serupa, yaitu Best Original Score dan Best Actor in Drama.

Pada ajang Golden Globe 2020 lalu, pidato Joaquin Phoenix terbilang berani karena ia lantang menyoroti artis lain yang menggunakan jet pribadi untuk berpergian. Ia menegaskan pentingnya mengambil keputusan yang bertanggung jawab dan mulai berperan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Pada Oscar 2020 kali ini, dalam pidato kemenangannya yang cukup panjang, Joaquin Phoenix kembali mengangkat bahasan seputar kesetaraan gender, permasalahan rasial, dan eksploitasi manusia.

Tokoh Joker yang diperankan oleh Joaquin Phoenix (Indiewire)

 

Selama ini, Joaquin Phoenix memang dikenal sebagai sosok yang vokal dalam menyuarakan opininya terkait isu-isu politik, sosial, dan lingkungan. Bahkan, desainer Stella McCartney mengatakan bahwa Phoenix bersumpah untuk mengenakan tuksedo hitam yang sama dari labelnya pada seluruh ajang penghargaan yang didatanginya. Hal ini merupakan statement untuk mengurangi pemborosan.

Dan benar saja, di setiap ajang red carpet mulai dari Golden Globes, BAFTA, Screen Actors Guild Awards, hingga Oscar 2020 yang baru saja berlangsung, Phoenix selalu tampil dengan setelan yang sama.

Film Joker berhasil memperoleh 11 nominasi Oscar, mulai dari kategori utama hingga kategori minor. Di antaranya adalah Best Picture, Best Director (Todd Phillips), Best Actor (Joaquin Phoenix), Best Adapted Screenplay, Best Cinematography, Best Costume Design, Best Makeup and Hairstyling, Best Original Score, Best Film Editing, Best Sound Mixing, dan Best Sound Editing. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Kompak Hadiri Oscar, Parasite Raih 3 Penghargaan Sekaligus!

Entertainment
Kemenangan 'Parasite' hingga Billie Eilish, ini 5 Momen Bersejarah Oscar 2020

Entertainment
10 Outfit Terbaik di Oscar 2020!