Sport

Piala Gubernur Jatim Dimulai Sore ini

Mainmain.id

Posted on February 10th 2020

Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020 akan dimulai Senin (10/2) sore ini. Turnamen pramusim paling bergengsi di Jatim ini akan diikuti oleh delapan tim. Satu di antaranya berasal dari negeri jiran Malaysia.

Turnamen Piala Gubernur Jatim kembali digelar setelah lima tahun vakum. Dari delapan peserta, lima di antaranya adalah klub Liga 1 dari Jatim. Kelima klub itu adalah Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Arema FC, Madura United, dan Persela Lamongan.

Asprov PSSI Jatim sebagai penyelenggara juga mengundang dua klub Persija Jakarta, dan Bhayangkara FC. Walaupun bermarkas di ibu kota, Bhayangkara FC masih tercatat sebagai anggota PSSI Jatim. Selain itu, mereka juga mengundang peserta Malaysia Super League, Sabah FA.

Kedelapan peserta Piala Gubernur Jatim akan dibagi menjadi dua grup. Grup A diisi oleh Madura United, Persik Kediri, Bhayangkara FC, dan Persebaya Surabaya. Seluruh laga di Grup A akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bangkalan.

Sedangkan seluruh laga di Grup B akan digelar di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Empat tim yang menghuni Grup B adalah Sabah FA, Persela Lamongan, Persija Jakarta, dan Arema FC selaku tuan rumah. “Ini ajang pemanasan bagi tim Jatim sebelum Liga 1,” jelas Ahmad Riyadh, Ketua Asprov PSSI Jatim.

Riyadh menambahkan, selama ini Piala Gubernur Jatim tak digelar karena jadwal yang bentrok dengan turnamen pramusim lainnya. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, tim-tim di Liga 1 selalu melakukan pemanasan di ajang Piala Presiden.

“Karena tahun ini tak ada Piala Presiden. Jadi kami ada kesempatan, dan slot waktu untuk menggulirkan kembali Piala Gubernur Jatim,” sambung Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Amir Burhannudin. Amir mengonfirmasi bahwa ajang ini akan disiarkan secara live oleh MNC TV.

Babak grup Piala Gubernur Jatim akan menggunakan sistem setengah kompetisi. Format berubah ke sistem single match pada fase semifinal, dan final. Penentuan tuan rumah untuk semifinal akan dibicarakan kembali pada manager meeting.(*)

Related Articles
Sport
Liga 1 dan Liga 2 Resmi Ditunda Hingga 29 Mei

Sport
Nine Sports Siapkan di Turnamen Pramusim, Pertemukan Tim Liga 1 dan Liga 2

Sport
#SaveBepe Ingatkan Kita bahwa Keluarga Memang Tujuan Utama