Interest

BTS Rilis Foto Konsep Pertama, Fans Hubungkan dengan Teori Psikologi

Delima Pangaribuan

Posted on February 9th 2020

Jelang perilisan album baru, Big Hit Entertainment meluncurkan foto-foto konsep pertama BTS untuk 'Maps of the Soul: 7' Minggu malam (9/2). Foto-foto konsep ini menjadi salah satu petunjuk buat para penggemar seperti apa album baru BTS secara keseluruhan. 

 
Total ada delapan foto yang dirilis, foto masing-masing member dan satu foto grup bertujuh. Tampilannya sendiri cukup simpel, di mana para member kompak mengenakan busana putih-putih dengan latar ruang bertema coklat abu-abu. Yang bikin menarik adalah adanya lubang hitam besar di bagian lantai kayunya. 
 
 
(Big Hit Entertainment)

 
 
Fans BTS pun langsung menebak-nebak serta melakukan cocokologi teori atau pesan tersembunyi di balik foto konsep pertama ini. Salah satunya diungkap sama akun Twitter @imjoonscrab. Dia menghubungkan lubang hitam besar itu dengan quotes dari seorang psikolog bernama Carl Jung. 
 
Psikolog asal Swiss itu pernah menulis, "Tiba-tiba aku menemukan lubang batu yang gelap dan berbentuk persegi panjang di tanah. Jika kamu melihat ke lubang itu cukup lama, maka kamu bisa melihat bayangan itu, bagian tersembunyi dalam dirimu yang tidak ingin diketahui siapapun." 
 

 
(Twitter @imjoonscrab)
 
Konsep pertama ini merupakan bagian dari total empat konsep yang akan diusung BTS dalam album mereka. Pemilik akun @imjoonscrab memperkirakan masing-masing konsep akan mewakili setiap aspek dalam konsep 'map of the psyche' milik Carl Jung. Yakni 'shadow', 'self', 'ego', dan 'persona'. Nah, foto konsep pertama ini dianggap mewakili 'shadow', sama kayak lagu interlude Suga.
 
Ada juga fans yang menganggap kalau lubang hitam itu mewakili hal lain. Akun @shivaluvsbtspop menilai kalau lubang itu merepresentasikan ketenaran yang merupakan tantangan dan menimbulkan kesulitan buat BTS sendiri. Kelihatan juga dari bulu-bulu yang berjatuhan di foto, menunjukkan ketenaran itu sesuatu yang juga rapuh dan gampang hilang. 
 
BTS pakai baju putih-putih, bisa dianggap mereka adalah angsa putih. Tapi begitu mereka masuk ke lubang hitam 'ketenaran' itu, mereka lantas berubah jadi angsa hitam alias black swan.
 
Lubang itu juga dikaitkan sama karya seniman Anish Kapoor, 'Descent Into Limbo'. Karya seni instalasi yang menunjukkan sebuah lubang besar di tengah ruangan itu menunjukkan infinity space atau ruang tanpa batas.
 
Akun @btsasarthistory pun menunjukkan kalau karya BTS nggak cuma sekali ini terinspirasi dari seni instalasi Anish Kapoor. Sebelumnya, MV Suga 'Shadow' juga mirip sama karya Kapoor yang berjudul 'Svayambh', berbentuk pintu putih dan serpihan bata merah di sekelilingnya. 
 
Hal kedua yang menarik perhatian setelah lubang adalah Jin. Yup, Jin seolah selalu menjadi 'liyan' alias orang yang berbeda di dalam teori MV maupun foto konsep BTS. Misalnya dua satu-satunya yang nggak melirik ke kamera atau satu-satunya yang nggak pakai sepatu. 
 
Dalam foto konsep versi grup kali ini pun, Jin tampak menjadi satu-satunya orang yang nggak lihat ke kamera. Fans pun menganggap Jin mewakili konsep 'unconscious' atau yang nggak sadar dalam teori 'maps of the psyche' Carl Jung. Pengalaman seseorang mendalami dirinya sendiri dimulai dari tahap 'unconscious' atau tidak sadar, melewati empat konsep tadi, kemudian berakhir pada tahap 'conscious' atau sadar. 
 
Hal ketiga adalah ruangan itu sendiri. Fans menemukan kalau bentuk ruangan itu mirip sama scene Suga di MV 'Fake Love' yang terbakar. Bisa dianggap kalau lubang itu muncul karena kebakaran tersebut, tapi itu cuma salah satu kemungkinan saja.
 
Banyak teori versi ARMY yang bermunculan di media sosial. Buat ARMY yang nggak kepikiran teori, mereka meramaikan jagat aplikasi burung biru dengan tagar #FirstLookAt7. Teori ini sendiri cuma hasil cocokologi ARMY, dan mereka masih menunggu tiga versi foto konsep lainnya untuk melengkapi teori mereka. Menurutmu teori mana yang paling cocok? (*)
Related Articles
Entertainment
BTS Ungkap Cerita di Balik MV 'ON' dan 'Black Swan' Serta Pilih Scene Favorit

Entertainment
Kenapa 'Black Swan' BTS Bikin Nagih di Telinga? ini 'Racikan' Rahasianya

Interest
Bestseller Berkat V BTS, 'The Power of Language' Bakal Terbit di Indonesia