Entertainment

Akibat Kontroversi Produce, Mnet Tak Lagi Pakai Slogan 'We Are K-Pop'?

Delima Pangaribuan

Posted on February 6th 2020

"We are K-Pop, Mnet."

 
Hayo, siapa yang bacanya pakai nada? Walau pecinta K-Pop sudah familiar banget sama slogan ini, gara-gara kontroversi Produce series, kayaknya Mnet bakal harus merelakan frasa yang telah menjadi bagian dari imej mereka tersebut.
 
Mnet sudah terkenal sering bermasalah di kalangan fans K-Pop. Sampai-sampai mereka dapat julukan ular. Masalah itu mencapai puncaknya waktu kasus manipulasi voting mencuat dan terbukti produser program survival show mereka ditetapkan tersangka. Kontroversi yang bertubi-tubi itu membuat nasib Mnet seolah di ujung tanduk.
 
Demi menjaga keberlangsungan mereka juga, CJ Entertainment sebagai induk perusahaan bakal mengambil kebijakan untuk memperbaiki citra Mnet. Mengutip Soompi, CJ Entertainment sudah mulai merestrukturisasi branding dan slogan Mnet 'We are K-Pop' sejak kontroversi Produce 101 series mencuat. Mnet mengambil langkah-langkah internal untuk bisa membangun kembali brand mereka dengan image yang lebih baru. 

 
 
(VLive)
 
 

Padahal, slogan 'We are K-Pop' sendiri baru dipakai sekitar setahun, sejak 2019. Menurut sumber Soompi, CJ Entertainment dan Mnet akan mengujicoba dulu hasil rebranding mereka sebelum diumumkan dan digunakan secara resmi.
 
Mereka mengharapkan feedback yang cukup dari warganet. Kalau banyak yang setuju baru konsep rebranding itu akan digunakan. Rencananya brand dan slogan baru ini akan diumumkan sesegera mungkin, maksimal sampai pertengahan 2020 ini. 
 
Mereka memutuskan untuk mengganti brand dan slogan karena masukan dari publik juga. Setelah kasus Produce X 101 dan Produce 48 masuk ke jalur hukum, kepercayaan publik terhadap Mnet pun menurun drastis. Fans pun mempertanyakan apakah Mnet masih pantas menggunakan slogan 'We are K-Pop' setelah rentetan kasus itu.
 
Ditambah lagi dengan hiatusnya dua grup jebolan survival show Mnet, yang berujung pada bubarnya salah satu grup yakni X1. Sementara IZ*ONE akhirnya mengumumkan comeback mereka yang tertunda. Tapi tetap saja fans menyayangkan waktu tiga bulan yang terlewat begitu saja dan sempat bikin para member down.
 
Nggak cuma rusak secara brand, Mnet juga harus menanggung akibat secara finansial. CJ Entertainment memutuskan pada 30 Desember 2019 lalu bahwa seluruh keuntungan yang didapatkan dari dua program survival show tersebut akan dihibahkan secara sosial untuk pendanaan pengembangan industri musik di Korea Selatan. Sejumlah 253 juta won akhirnya disumbangkan ke perusahaan investasi seni dan budaya KCVenture. 
 
Brand image dan slogan yang baru ini akan diusahakan dikebut mengingat Mnet akan anniversary ke-25 tahun ini. Mereka ingin supaya brand yang baru tersebut bisa digunakan dalam ulang tahun ke-25 mereka. Meskipun masih misteri, CJ Entertainment menyebutkan bahwa branding baru Mnet ini nggak jauh-jauh dari tema 'kembali ke awal'. Apakah ini artinya mereka akan mendaur ulang branding mereka yang lama? Sampai sekarang masih rahasia.
 
Rencana CJ Entertainment dan Mnet ini mendapat berbagai komentar sarkas dari penggemar. Mereka meragukan apakah dengan rebranding macam ini lantas bisa membuat publik lupa akan manipulasi dan kecurangan yang kerap dilakukan Mnet. Mereka juga menuntut adanya kejelasan pemulihan image bagi X1 alih-alih cuma dibubarkan begitu saja.
 
"Baiklah, tapi orang-orang nggak akan melupakan kontroversinya jadi apa gunanya?" cuit akun @JIHOPEKOOK di Twitter. 
 
"Mnet dan CJ akan selamanya menjadi wajah dari korupsi," komentar @99kimyohan.
 
"Lebih baik kalian rebranding X1 daripada Mnet," ungkap fans lain @rollinvillage. 
 
Beberapa warganet lain berkomentar kalau pun Mnet mau rebranding, slogan yang paling cocok untuk mereka adalah 'We are corrupted' atau kami korupsi. Gimana menurut kalian, guys? (*)
 
 
Related Articles
Entertainment
Capai Kesepakatan, IZ*ONE Akan Comeback Januari

Entertainment
X1 dan IZ*ONE Bubar? CJ ENM Bakal Beri Keputusan Akhir 2019

Entertainment
Rombak Branding Pasca Kontroversi, Begini Desain Baru Logo Mnet