Entertainment

Sama-sama Leader, RM 'BTS' dan Suho 'EXO' Menyimpan Banyak Kesamaan

Ferliansyah

Posted on February 5th 2020

 (Billboard & Koreaboo)

 

Menjadi seorang leader dalam suatu grup tentu bukanlah tugas yang mudah. Selain bertanggung jawab terhadap kekompakkan tim, seorang leader juga harus mampu merangkul dan menyatukan perbedaan pemikiran yang sering kali terjadi antar anggota. Setidaknya itulah gambaran yang dirasakan oleh RM dan Suho, leader dari dua boyband K-Pop kenamaan, BTS dan EXO. 

Sebagaimana dilansir dari Koreaboo, baik RM  maupun Suho tidak menampik jika menjadi leader pada kenyataannya cukup membuat mereka kewalahan. Bukan cuma karna menghadapi bermacam-macam karakter para member, tetapi juga perintah ataupun kebijakan agency yang sering kali bertentangan diantara mereka. Alhasil, mereka sendiri harus memutar otak untuk menghindari terjadinya mispersepsi dalam komunikasi mereka.

Di sisi lain, bagian tersulit ketika menjadi leader diakui keduanya adalah ketika mereka harus mampu menggabungkan pendapat dari para member. Masuk akal rasanya jika hal tersebut terjadi. Mengingat perbedaan karakter dan mind set setiap orang yang pada umumnya selalu berbeda-beda.

Tapi, mereka juga sadar bahwa hal tersebut tidak seharusnya membuat perpecahan ataupun masalah diantara mereka. Karena justru saat itulah mereka dapat lebih mengenal satu sama lain. Bahkan, memiliki pandangan yang berbeda-beda dapat menjadi potensi komunikasi yang aktif diantara mereka. 

Proses kedekatan yang terbilang tidak singkat, membuat rasa kekeluargaan mereka justru mampu mengalahkan ego masing-masing. Perkelahian rasanya bisa saja terjadi, tapi sebagai leader tidak bijak rasanya jika mereka memihak salah satu member ataupun malah memperkeruh keadaan. Disaat seperti itu, Suho sendiri memilih untuk berbicara secara personal kepada member grupnya. 

Pada kenyataannya, tanggung jawab kedua member tersebut tidak hanya sebatas di atas panggung. Tetapi juga di balik panggung. Menjadi representative dari para member akan sangat mudah mempengaruhi citra mereka di industri hiburan. Dihadapi dengan banyak media turut membuat mereka harus berhati-hati dalam memberikan statement disetiap kesempatan. Mengontrol setiap gerak-gerik member hingga jawaban-jawaban member setiap kali interview menjadi hal biasa yang dilakukan.

Rasa kecemasan dan kekhawatiran yang berlebih pernah dialami oleh Kim Nam Joon atau kerap disapa RM. Pada saat itu, BTS sedang mengalami transisi karir yang luar biasa. Di mana, secara perlahan mereka dikenal oleh masyarakat luas di seluruh dunia.

Positifnya, hal itu membuat BTS menjadi lebih dikenal dan berada di popularitas yang melejit. Namun, hal tersebut malah sempat membuat RM khawatir akan nasib BTS ke depannya, berkaitan dengan album, tur dan lain sebagainya. Ia juga khawatir popularitas mereka berujung kemunduran karya-karya mereka.

Well, pengalaman RM dan Suho sebagai leader BTS dan EXO tadi sudah menunjukkan bahwa menjadi leader memiliki banyak tantangan dan tanggung jawab yang tidak mudah. Jadi wajar kalo sejenak kita memberikan apresiasi untuk mereka. Applause! (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Suho 'EXO' Curhat tentang Konsep Debut Solo dan Duet bareng Younha

Entertainment
Suho Curhat Sulitnya Menjalani Promosi Tanpa Member EXO

Entertainment
Sebelum Wamil, Suho 'EXO' Rilis Album Solo Maret 2020