Entertainment

Dituduh Retas IG Yuri SNSD, Akun Fanbase Seventeen Indonesia Klarifikasi

Delima Pangaribuan

Posted on February 5th 2020

Kehebatan peretas alias hacker Indonesia nggak perlu diragukan lagi. Mulai dari nge-hack situs kementerian sampai perusahaan di luar negeri. Dan nggak tanggung-tanggung, kali ini artis KPop juga kena. Member Girls' Generation alias SNSD, Yuri, jadi korbannya. 

 

 
 
Yuri sendiri kaget saat tahu kalau ada yang membobol akunnya. Kejadian yang membuatnya kesal itu dia posting di Instagram Story lengkap dengan tangkapan layar HP-nya yang disamarkan di beberapa bagian. Yang bikin penggemar KPop lokal geger adalah tampilan layar yang diunggah Yuri itu memakai bahasa yang nggak asing, yakni bahasa Indonesia!
 
Melansir Soompi, Yuri memposting dua Story. Di Story pertama, dia protes kok bisa tiba-tiba ada akun nggak dikenal yang muncul di feed-nya. Padahal dia nggak pernah merasa follow. Nah, di Story kedua, barulah Yuri menunjukkan kalau ternyata akun pribadinya sudah mengikuti akun nggak dikenal itu, tanpa sepengetahuannya. Alias udah diretas. 
 
"Siapa yang melakukan ini? Gimana bisa akun yang aku nggak tahu tiba-tiba muncul? Kenapa aku mengikuti (akun ini)? Tolong jangan diapa-apain (akunku)! Jangan di-hack!" tulis Yuri. Kalau dilihat dari kata-katanya sih jelas dia marah banget.
 

(Soompi)
 
 
Kemudian di Story kedua, dia menulis dengan lebih tenang tanpa tanda seru, tapi tetap aja panjang dan kesal. "Siapa yang melakukan ini? Nyebelin banget, kenapa kamu berbuat sesuka hati (pakai akunku)? Hacking itu mengerikan. Kamu masuk (ke akunku) tanpa aku tahu dan follow akun yang aku nggak kenal. Tahu nggak sih kalau itu sama dengan mencuri?"
 
Akun yang dimaksud Yuri, yang dia follow tiba-tiba, adalah @istrinyaa.seventeen. Bahkan ada foto salah satu member Seventeen, Hoshi, yang diunggah Yuri di Story-nya. Jelas tuduhan pun langsung tertuju sama fanbase Seventeen di Indonesia. Khususnya ke pemilik akun yang diunggah Yuri itu.
 
Begitu berita tersebut mencuat, si pemilik akun langsung memberikan klarifikasi lewat Instagram Story, yang kemudian dikutip oleh akun berita KPop Panncafe. Dia menjelaskan kalau memang dia pemilik akun itu tapi dia nggak tahu kalau ada yang ngeretas IG Yuri pakai akun dia. Jadi ini seperti double-hacking; nge-hack satu akun kemudian dipakai untuk nge-hack akun lain.
 
"Halo, saya pemilik akun. Saya minta maaf karena akun Yuri diretas. Akun itu diretas sama seseorang dan bukan saya, seseorang nge-hack kemudian mengikuti akun saya. Saya sama sekali nggak tahu apa-apa. Tolong dimengerti," tulis pemilik akun tersebut. Dia juga nge-tag Yuri di Story-nya supaya bisa dibaca oleh idol yang bersangkutan.
 
Dia juga bikin Story lain buat fans yang menunjukkan history smartphone-nya, dan nggak ada aktivitas membuka akun Yuri sama sekali. Tapi dia sudah kena semprot warganet khususnya fans SNSD, Sone, karena dianggap mengganggu idol mereka.
 
"Kalau suruh ngebuktiin pake history safari, ni liat isinya drakor semua oiiii... Aku udah berumur udah kepala 2++ ngapain juga ngehack," terangnya.
 
Kini pun muncul pertanyaan sebenarnya siapa yang nge-hack akun Yuri dan apa motivasinya. Dan kenapa juga harus melibatkan akun fans Seventeen. Mungkin motifnya cuma iseng, tapi tetap saja bentuk hacking apa pun mengganggu dan tanpa sadar merugikan pihak lain. Kalau kalian pinter IT, bener-bener digunakan buat hal penting deh, jangan cuma iseng begini. (*)
Related Articles
Entertainment
SM Entertainment Berencana Debutkan Girlband Baru di Tahun 2020

Entertainment
Seulgi, Siwon dan Sooyoung Ultah Bareng, Penggemar Ucapkan Selamat

Korea
Sambut Girls On Top, Grup 'Gado-gado' Baru SM Entertainment