Sport

Selamat Ulang Tahun, Cristiano Ronaldo!

Mainmain.id

Posted on February 5th 2020

Selamat ulang tahun, Cristiano Ronaldo. Hari ini pesepak bola asal Portugal tersebut genap berusia 35 tahun. Walaupun sudah memasuki usia senja untuk ukuran pesepak bola, Ronaldo membuktikan bahwa ia pantas berada di jajaran elite dunia.

CR7, sapaan akrabnya, terlahir dengan nama Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro. Ia adalah anak bungsu dari pasangan José Dinis Aveiro, dan Maria Dolores Spinola dos Santos da Aveiro. Ayahnya seorang tukang kebun. Sedangkan ibunya menjadi juru masak.

Ronaldo belajar sepak bola dari klub lokal, CF Andorinha. Kemudian ia pindah ke CD Nacional. Ronaldo mulai bergabung dengan akademi Sporting Lisbon pada 1997. Saat itu usianya baru 12 tahun. CR7 berkembang pesat di Sporting.

Namanya meroket ketika ditransfer Manchester United pada musim 2003-2004. Nilai transfernya masih murah. Hanya 12.24 juta GBP. Ronaldo menghabiskan waktu enam musim di Manchester Merah. Ia mempersembahkan sembilan piala. Termasuk tiga gelar Liga Inggris, dan satu gelar UEFA Champions League.

Ronaldo hijrah ke Real Madrid pada musim 2009-2010. Belasan piala, dan gelar ia berikan untuk Los Galacticos. Sekarang Ronaldo berbaju Juventus. Ia telah membela Si Nyonya Tua sejak musim 2018-2019. Ronaldo telah memberikan satu gelar Serie A, dan Supercoppa Italiana untuk Juve.

Selain berprestasi di tingkat klub, Ronaldo juga berjaya di Portugal. Ia membawa negaranya menjadi juara Euro 2016, dan UEFA Nations League 2019. Ronaldo juga memiliki segudang gelar individu. Ia juga mengoleksi lima Ballon d'Or.

Bersama Lionel Messi, Ronaldo dijuluki G.O.A.T. (Greatest of all time) di sepak bola. Selamat ulang tahun, Mas Kris.(*)

Related Articles
Sport
Kata Dybala, Sosok Cristiano Ronaldo Dibenci di Argentina, Kenapa ya?

Sport
Ronaldo Cetak Gol ke-700, #CR700 Langsung Trending

Sport
Wow, Pendapatan Cristiano Ronaldo Tembus 1 Miliar Dolar!