Entertainment

Teori 'Outro: Ego' J-Hope 'BTS', tentang MV 'Spring Day' sampai Dewa Yunani

Mainmain.id

Posted on February 4th 2020

 

Akhirnya comeback trailer J-Hope 'BTS' dirilis! Tiap video klip BTS memang nggak pernah jauh-jauh dari teori-teori njelimet yang selalu bikin ARMY pusing. Nah, Mainmain.id sudah mengumpulkan deretan teori dari fans yang berusaha menjelaskan tentang 'Outro: EGO'-nya J-Hope. Penasaran apa aja teorinya?

Pada awal MV, J-Hope terlihat sendirian, lalu terjatuh. Tiba-tiba ia terbangun di rumah sakit dan dokter pun melakukan CPR. Adegan ini dikatakan sebagai simbol bahwa J-Hope kini telah terbangun dari personal unconsciousness dan telah sampai pada tahap ego.

Adegan selanjutnya adalah J-Hope yang sedang mengendarai mobil dengan plat nomor tanggal debut BTS. Di scene ini terdapat tulisan SELF. Tulisan ini merupakan pesan bahwa dia masih mencari jati dirinya. Dia merasa bahwa mencintai dirinya saja belum cukup karena dari dulu ia selalu hidup dalam kebohongan seperti orang tua yang tidak mencintainya.

 

 

Ini berhubungan dengan MV 'Spring Day', di mana J-Hope ditelantarkan di sebuah taman bermain. Lalu munculah foto masa kecil J-Hope. Menurut teori para fans, scene ini dapat diartikan bahwa J-Hope menolak untuk menjadi dewasa.

J-Hope terlihat sangat bahagia saat melihat kilas balik kehidupannya di masa lalu. Pada masa lalunya ia terlihat sangat bahagia dan dipenuhi dengan pikiran positif. Saat itu pun, dia juga tidak merasakan benci ataupun kesedihan.

Setelah itu, ditampilkanlah foto Hoseok menjadi empat karya seni ternama. Keempat karya seni tersebut berdasarkan dari mitologi dewa dan dewi Yunani.

Empat dewa tersebut yaitu Odin, Mithras, Zeus, dan Athen. Odin melambangkan kebijaksanaan, penyembuhan, kematian, dan sihir. Mithras menyimbolkan penunjukan jalan untuk menuju hidup yang lebih baik. Zeus melambangkan burung rajawali seperti bentuk mata J-Hope. Terakhir adalah Athen yang menggambarkan perjalanan matahari, yang bisa diartikan perjalanan J-Hope.

 

 

Keempat dewa ini juga diperkirakan memiliki arti lain seperti J-Hope yang merasa hebat dan kuat untuk menepis beragam komentar arogan.

Selanjutnya, dinding di video 'EGO' terdapat tulisan J-Hope, Hope, Hoseok dan begitu pula pada liriknya. Berdasarkan teori para fans hal ini karena J-Hope sedang merasa full of himself, sehingga dia tidak bisa melihat apapun disekitarnya selain dirinya. Bahkan saat dia sedang berada di sebuah butik, ia hanya melihat dirinya yang mengenakan setelan rapi. Seketika warna lampu pun berubah menjadi hijau, yang merupakan lambang warna ego.

Tetapi terdapat juga teori lain yang mengatakan bahwa warna lampu hijau yang berubah menjadi merah melambangkan halusinasi J-Hope. Bersambung dengan MV BTS sebelumnya, J-Hope diceritakan kecanduan obat-obatan dan di MV “EGO” ini menunjukan bahwa ia masih belum ‘sembuh’.

Setelah itu terdapat tulisan Carl Jung yang juga ditemukan pada salah satu BTS Bomb, yakni tentang psychopom. Psychopomp adalah proses mengingat kembali ingatan yang telah lama hilang di dalam diri kita. Untuk mendapatkan ingatan ini kembali kita harus mengesampingkan ego kita.

 

 

Terakhir, ditampilkan J-Hope sedang memandangi indahnya malam di antara gedung-gedung perkotaan. Pemandangan ini diduga simbol dari pencapaian J-Hope yang telah ia dapatkan.

Kalau kamu sendiri gimana? Punya teori lain nggak? Coba deh tonton MV-nya! (*)

 

Related Articles
Entertainment
Raih 4 Juta Copy, Pre-Order Album Baru BTS Pecahkan Rekor

Entertainment
Kenapa 'Black Swan' BTS Bikin Nagih di Telinga? ini 'Racikan' Rahasianya

Entertainment
BTS 'Black Swan' Pecahkan Rekor dengan Puncaki Chart iTunes di 93 Negara