Current Issues

Taxi Drone Karya Startup Jogjakarta ini Bakal Dipamerkan di Jerman  

Faanissaa

Posted on February 3rd 2020

UMG idea lab 

Anak muda Indonesia kembali bikin bangga. Kali ini datang dari sebuah startup asal Jogjakarta yang membuat taxi drone. Taxi drone yang diberi nama Frogs itu bakal dipamerkan di pameran teknologi di Hannover Messe, Jerman 2020, 20-24 April mendatang.

Kementerian Perindustrian yang menjadi partner ajang itu juga menggandeng produk lain selain dari Frogs. Seluruh negara peserta bakal berlomba menggaet investor melalui ajang itu.

"Salah satu tujuan Indonesia menjadi official country partner di perhelatan ini adalah menarik minat kerja sama dalam bidang investasi, teknologi, dan peningkatan keterampilan sumber daya manusia," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi dalam press rilisnya.

Dari semua produk yang bakal diterbangkan ke Jerman itu memang Taxy Drone yang paling menyita perhatian. Frogs menggarapnya dengan anggaran sebesar Rp 1 milar. Riset pun dilakukan selama dua tahun untuk menghasilkan satu prototipe itu.

Setidaknya ada empat produk unggulan dari Frogs, apa saja?

(blj.co.id) 

Drone Passenger adalah jenis drone atau kendaraan udara tak berawak yang membawa penumpang. Drone Passenger FrogsID sendiri telah siap baik secara material maupun fisik. Hanya saja, FrogsID perlu mencari partner untuk membuat fuselage atau badan dari pesawat ini terkait dengan aturan penerbangan yang mengharuskan standarisasi khusus untuk pesawat khususnya penumpang atau passenger.

(frogs.id)

Hadirnya Drone Sprayer, memudahkan para pengelola lahan pertanian dalam hal penyemprotan pupuk maupun pestisida dan tentunya dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan mengelilingi lahan yang sebelumnya dilakukan secara manual yang dapat mencapai waktu selama berjam-jam bahkan berhari-hari.

FrogsID pun telah memproduksi drone jenis ini dan drone versi yang pertama pun telah diuji dan akan selalu diuji secara terus menerus untuk dikembangkan lebih lanjut agar lebih terlihat kekurangan dan kelebihannya. Di sisi lain, agar lebih efisien ataupun lebih bagus, FrogsID menyiapkan drone Sprayer versi 2.

(frogs.id) 

Ini merupakan drone yang berfungi untuk mengangkut barang. Berbeda dengan versi terdahulunya, kali ini Drone Cargo FrogsID versi dua memiliki kapasitas yang fokus pada 25-30 kg untuk kapasitas payload-nya. Versi sebelumnya hanya mampu mengangkut beban 20 kg. Dengan kapasitas payload tersebut, Drone Cargo ini difokuskan untuk mengangkut produk yang berada di daerah sulit terjangkau, misalnya pada nelayan, atau tempat terpencil, sehingga mempersingkat waktu pengiriman dan pasar yang FrogsID targetkan pun akan sesuai.

(frogs.id) 

Sesuai namanya, fungsi drone ini untuk pemetaan wilayah. Drone jenis ini mampu menempuh kecepatan hingga 60 kilometer per jam. Sedangkan jarak kontrolnya bisa mencapai 25 kilometer. Karena fungsi utamanya untuk pemetaan drone jenis ini hanya mampu membawa beban 2 kilogram. (*)

 

 
Related Articles
Current Issues
Survei Sebut Gen Z Alami Stres Pascatrauma (PTSD) Akibat Pandemi Covid-19

Current Issues
Tiongkok Kerahkan Robot dan Drone Canggih demi Lawan Coronavirus

Current Issues
iShield? Apple Mulai Produksi Pelindung Wajah untuk Tenaga Medis