Current Issues

2 Februari Hari Ukulele Dunia: Ternyata Bayi Gitar Itu Bukan Dari Hawaii

Faanissaa

Posted on February 2nd 2020

Ayo mainkan ukulelemu. Sebab hari ini, 2 Februari merupakan Hari Ukulele Dunia. Peringatan itu dirayakan di banyak negara dilakukan lewat kegiatan memainkan ukulele ramai-ramai (play your ukulele day).

Ukulele memiliki sejarah panjang di dunia musik. Namun peringatan Hari Ukulele Dunia justru baru diperingati sejak 2011. Mike Lynch menjadi pioneer peringatan itu. 

Ukulele seringkali diabaikan karena dianggap gitar mainan. Sebab ukurannya hanya seperempat, hingga setengah gitar standar. Namun sebenarnya dari dawai-dawai mini itulah suara lembut nun damai turut dihasilkan. 

Bahkan, orang yang tak bisa main gitar pun kerap tangannya gatel untuk tidak menyentuh ukulele, ketika melihat bayi gitar tersebut di dekatnya.

Selama ini suara ikonik ukulele itu kerap dikaitkan orang dengan budaya bermusik orang-orang Hawaii. Orang-orang Negeri pelangi --julukan Hawaii-- sampai saat ini menjuluki ukulele sebagai jumping flea alias kutu loncat.

Namun tahukah kalian bahwa mulanya ukulele bukan berasal dari Hawaii. Lalu dari mana asalnya?

Pelaut pemberani Portugis membawanya sebagai hiburan di kapal mereka sejak 1500-an. Namun mereka tidak menamai gitar mini itu dengan sebutan lucu dan imut. Justru para pelaut itu menamai ukulele dengan machete alias parang penebas. Seram kan?

Namun itu cuma sebutan dari para pelaut. Umumnya orang Portugis menyebutnya Cavaquinhos, yang artinya sepotong kayu kecil. Pada 1879 pelaut Portugis Joao Fernandes mulai mengenalkan ukulele ke negara-negara yang dia datangi. Saat itulah ukulele tersebar luas.

Instrumen kecil tersebut lantas melebur ke budaya musik di berbagai belahan dunia. Termasuk keroncong dan campursari asli Indonesia. Ukulele juga dengan mudah nge-blend dengan musik reggae, jazz country, bahkan rock sekalipun.

Umumnya ukulele hanya memiliki empat senar. Namun dalam perkembangannya ukulele bisa memiliki 12 senar atau lebih. Para luthier, atau para pengrajin gitar juga memadukan ukulele dengan bass, banjo, hingga harpa.

Jadi untuk ukulele day lagu hari ini apa yag akan kalian mainkan? Jika bingung ada sejumlah saran lagu yang bisa dengan mudah dimainkan pakai ukulele.

Lagu Indonesia:

-Pulang (Float)

-Lovable (Abdul & The Coffe Theory)

-Doremi (Budi Doremi)

-Hey Cantik (Shaggydog)

-I Miss You But I Hate You (Slank)

-Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan (Payung Teduh)

-Lagu Cinta Melulu (Efek Rumah Kaca)

Barat

-Over the Rainbow (Irsael Kamakawiwoole)

-8 (Billie Eilish)

-House of Gold (Twety One Pilits)

-Hey Soul Sister (Train)

-Count on Me (Bruno Mars)

-Dance Monkey (Tones And I)

-I’m Yours - Jason Mraz

 

Kalau kamu punya saran lagu lain silahkan komen ya.. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Taman Nasional Kalaupapa, Tempat Ribuan Orang Pernah Dikarantina Akibat Lepra

Interest
Ini Daftar Pulau Terbaik untuk Dikunjungi di Dunia, Ada Bali Juga Lho!

Current Issues
Meski Sedang Uji Coba, Peneliti Inggris Siap Produksi Satu Juta Vaksin Covid-19