Interest

Lagi Heboh Super Bowl LIV! Begini Sistem dan Cara Main American Football

Drian Bintang

Posted on February 2nd 2020

Selesai Playoff, Super Bowl LIV akan segera digelar, pada 3 Februari mendatang. (Sports Illustrated)

Jagat media sosial dihebohkan dengan rencana pertandingan puncak American Football, Super Bowl LIV. Bagi kalian para penggemar football, mungkin pertandingan ini sudah tidak asing. Nah, bagi kalian yang belum mengerti apa sih American Football (AF) itu, jangan khawatir. Tim mainmain.id akan memberikan kalian sedikit penjelasan untuk memahami olahraga yang berasal dari negeri Paman Sam tersebut.

Dalam sejarah, olahraga ini pertama kali dimainkan pada 6 November 1869 lalu. Permainan ini merupakan gabungan dari olahraga sepakbola dan rugby. Permainan ini dimainkan oleh setidaknya 22 orang yang ada di dalam satu tim. Tim tersebut kemudian akan dibagi menjadi dua. Pemain yang bermain di posisi defense dan offense.

Ya, dalam permainan ini setiap tim akan diberi kesempatan mencetak angka dan menjaga garis goal line-nya. Oleh karena itulah, tim pasti akan dibagi menjadi dua posisi. Pemain yang mengisi dua posisi tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda, dengan julukan yang berbeda pula.

Pada sisi offense, posisi yang menentukan jalannya pertandingan bernama Quarterback (QB). Dia adalah orang yang ada di belakang pertahanan, dan bertugas meneriakkan aba-aba: “Set..Hut..Hut..”.

Dalam National Football League (NFL), pemain yang berada di posisi ini memiliki bayaran paling tinggi. Karena dialah penentu pertandingan, orang yang juga menentukan strategi untuk mencetak angka.

Beberapa QB ternama di dunia NFL adalah, Tom Brady, Eli Manning, Peyton Manning, Drew Brees, Aaron Rodgers, dan lain-lain.

QB dengan bayaran tertinggi saat ini. (Instagram)

Nah, pemain yang bertugas menjaga QB bernama Lineman. Baik offense dan defense pasti, ada pemain dengan posisi ini. Karena itu Lineman selalu dibedakan menjadi dua berdasarkan fungsinya.

Offensive Lineman (OL) bertugas untuk menjaga QB dan pemain-pemain lain agar bisa mencetak angka. Sedangkan Defensive Lineman (DL) bertugas untuk memecahkan konsentrasi QB dan pemain offense, agar tidak bisa mencetak angka. Pemain yang ada di posisi ini bisa diidentifikasi dengan fisiknya yang lebih besar dari pemain lain.

Selain kedua posisi tersebut pada dasarnya semua pemain memiliki fungsi yang hampir sama. Mereka bertugas membantu Lineman, atau menangkap bola. Hanya saja, memang setiap posisi tersebut memiliki sebutan yang berbeda-beda. Tergantung fungsi spesifik yang dia lakukan, dan di posisi mana --offensive atau defensive-- dia berada.

Misalnya, pemain yang bertugas membantu OL dijuki Tight End (TE). Dia biasanya bertugas untuk menghalangi pemain defensive lawan, untuk mengacaukan strategi QB.

Dalam beberapa kesempatan, TE juga berfungsi untuk mencetak angka, jika QB menghendaki. Dalam posisi defensive, posisi ini dijuluki dengan Corner Back (CB).

Sedangkan pemain yang biasa diberikan umpan oleh QB, bernama Wide Reciever (WR). Dalam offensive, biasanya dia merupakan pemain yang larinya paling cepat. Dia akan bertugas untuk menangkap, atau membawa lari bola dari QB.

Dalam defensive, posisi ini dinamai Safeties (S). Pemain Safety, biasanya akan berada di barisan paling belakang. Dia bertugas untuk menangkap bola salah umpan, yang dilakukan QB lawan. Juga sebagai pertahanan terakhir, jika WR lawan masuk.

Nah, di pertandingan ini pemain defensive bisa melakukan apa saja untuk menghadang lawannya. Selama mereka tidak mengepalkan tangannya. Mengepalkan tangan itu akan dihitung sebagai serangan personal dan emosi jika pemain ‘meninju’ lawannya ketika menyentuh, atau mengeblok pemain.

Cara paling mudah melakukan penghadangan lawan adalah dengan menindih pembawa bola untuk menghentikan mereka. Itulah alasannya kenapa pemain AF mengenakan pelindung berlapis-lapis. Karena pemain rentan cidera akibat dari kontak fisik yang dilakukan.

American Football merupakan pertandingan yang memperbolehkan untuk melakukan kontak fisik. (Kansas City Website) 

Hampir sama seperti sepak bola, setiap pertandingan dibagi menjadi dua babak. Masing-masing babak diberikan durasi 30 menit.

Eits, tapi jangan salah durasi di AF berbeda dari sepak bola. Setiap detik merupakan perjuangan yang sangat berarti bagi sebuah tim. Sebab, 10 detik permainan di AF bisa saja berlangsung selama 30 menit pertandingan. Jadi jangan kaget, jika sebuah pertandingan akan ngaret selama berjam-jam.

Panjangnya durasi pertandingan itu karena AF sendiri memiliki peraturan di mana waktu wasit akan dihentikan. Pertandingan ini berjalan secara gentian, setiap tim akan diberikan kesempatan untuk berada di posisi offense dan mencetak angka.

Waktu hanya akan diputar ketika QB sudah dalam posisi di belakang OL, hingga ketika bola terjatuh. Termasuk juga ketika umpan yang diberikan QB gagal, alias pass incomplete. Waktu akan segera dihentikan dan diputar lagi jika QB salah satu tim hendak memulai pertandingan.

Pertandingan dimulai dengan kickoff. Tim profesional sudah pasti memiliki barisan pemain tersendiri yang mengisi tim kick. Meskipun, mereka memiliki tugas yang sama, menangkap, dan menahan lawan. Bedanya, di sini harus ada satu pemain yang jago dalam menendang bola yang bentunya tidak bulat tersebut. Jika berhasil mencetak goal di kick, tim tersebut akan diberi skor 3 poin.

AF memang memiliki berbagai variasi poin yang diberikan. Jika mencetak touchdown (TD), sebuah tim akan diberikan poin 6, dalam setiap TD.

Setelah TD, tim offense akan dipersilahkan kembali mencetak angka. Bagian ini dinamakan Point(s) After Touchdown (PAT). Tim pencetak skor akan diberikan pilihan untuk mencetak angka berdasarkan kick, atau permainan seperti biasa.

Jika tim memilih kick, dan berhasil, tim tersebut akan diberikan tambahan 1 poin. Jika meminta untuk mencetak angka seperti biasa, dan berhasil, tim tersebut akan diberikan 2 poin tamnbahan. Baru setelah itu mereka akan mengganti posisinya menjadi defensive dan menghalau lawannya mencetak angka. Bedanya, PAT dilakukan tidak di tengah lapangan. Melainkan di garis 2 atau 3 yard, dari Goal Line lawan.

Skor spesial diberikan kepada Safety yang berhasil menangkap bola salah umpan dari QB lawan. Tim tersebut, juga akan diberikan kesempatan untuk mencetak angka melalui kick. Jika berhasil, otomatis tim tersebut akan mendapatkan 5 poin tambahan. Bagaimana sudah jelas atau masih bingung? Kalau kalian masih bingung tapi ingin mencoba permainan ini, silakan datang ke komunitas-komunitas AF di kotamu ya.

Oiya, bagi yang ada di Surabaya, komunitas NFL bersama Wdnsdy Cafe menggelar nonton bareng Super Bowl LIV di Wdnsdy Cafe Surabaya Townsquare, Senin pagi 3 Februari pukul 06.30 Wib.(*)

Related Articles
Sport
Patrick Mahomes Jadi MVP Super Bowl Termuda Ketiga dalam Sejarah

Sport
Super Bowl, Lebih dari Sekedar Final American Football!

Interest
JLo TikTok Challenge! Berani Tiru Performance Super Bowl Sang Diva?