Interest

Coronavirus Bikin Taipei Game Show 2020 Dibatalkan

Drian Bintang

Posted on February 2nd 2020

Taipei Game Show ditunda dalam kurun waktu yang tidak ditentukan, karena virus Coronavirus Wuhan. (Ungeek) 

Fenomena penyebaran virus Coronavirus di Tiongkok benar-benar sudah menakuti penduduk di penjuru dunia. Termasuk membikin takut negara di sekitarnya, Taiwan. Akibat virus ini pula, Taipei Game Show harus dibatalkan. Panitia belum memberikan informasi lebih lanjut terkait kapan acara ini akan kembali diadakan.

Pembatalan ini, baru saja diumumkan oleh pihak panitia pada Sabtu (1/2) waktu setempat. Sebelumnya, panitia hanya memberikan warning saja kepada mereka yang ingin datang.

Panitia sempat memberikan persyaratan detail tentang apa saja yang harus dibawa oleh pengunjung. Salah satunya adalah pengunjung diminta untuk membawa masker.

Panitia menegaskan, bagi mereka yang tidak membawa masker --dengan kondisi dan bentuk yang sesuai dengan kriteria panitia-- tidak diperbolehkan masuk ke game show.

Tidak hanya itu, panitia juga akan melakukan cek suhu badan kepada pengunjung sebelum memasuki venue. Mereka yang didapati sedang demam, dengan suh yang tidak wajar akan diminta meninggalkan lokasi. Tidak diperbolehkan masuk.

Sikap tegas panitia ini menimbulkan pro kontra. Ada yang menganggap syarat itu kurang memanusiakan penonton yang ingin datang. Akhirnya panitia mengakhiri polemik. Mereka memilih membatalkan acara tahunan yang selalu dihadiri oleh developer ternama dari seluruh dunia itu.

Seharusnya acara tersebut akan dilakasanakan pada 6-9 Februari mendatang. Taipei Nangan Exhibition Center di Taiwan rencananya akan menjadi venue perhelatan salah satu game show terbesar di Asia itu.

Bersamaan dengan pembatalan tersebut, panitia membuat permintaan maaf. ”Kami meminta maaf sebesar-besarnya untuk mengumumkan perbedaan pendapat yang terjadi di komite kami. Namun, karena wabah Coronavirus Wuhan, kami memutuskan untuk menunda acara ini (Taipei Game Show) ke musim panas ini.”

Panitia juga tidak memberikan tanggal tepatnya, kapan acara ini akan kembali dihelat. Namun, rumor menjelaskan bahwa selama Coronavirus masih menjadi wabah, kemungkinan besar acara ini akan dibatalkan sepanjang 2020.

Seperti yang kita tahu, Coronavirus sudah menginfeksi 9 ribu orang di dunia. Sampai saat ini, korban meninggal telah mencapai 213 jiwa. World Health Organization (WHO) juga telah menetapkan virus ini sebagai situasi gawat darurat.

Taipei Game Show yang telah dihelat semenjak 2003 itu pun harus ditunda dalam kurun waktu yang belum ditentukan. Padahal, rencananya, akan banyak developer yang datang dan membuat pengumuman di acara tersebut. Termasuk salah satunya adalah Sony.

Bisa jadi Sony bakal mengumumkan sedikit clue tentang konsol terbaru mereka di acara ini. Namun, karena dibatalkan penggemar pun harus bersabar hingga acara game berikutnya.(*)

Related Articles
Interest
‘DualSense' Controller Baru untuk PlayStation 5

Interest
Kontroler PlayStation 5 Bisa Digunakan di PlayStation 4

Interest
Cegah Coronavirus di Penjara, Iran Bebaskan 54 Ribu Narapidana