Current Issues

Foto Dramatis Eddie Adams yang Mengubah Persepsi Dunia Tentang Perang Vietnam

Yusuf Mulya

Posted on February 1st 2020

Tepat 1 Februari 52 tahun lalu, melalui sebuah foto jepretan Eddie Adams membuat dunia gempar. Foto yang dikenal sebagai Saigon Executions itu membuat publik, utamanya warga Amerika Serikat (AS) mengecam kengerian perang di Vietnam.

Foto yang dijepret Eddie --fotografer Associated Press Eddie-- merekam sebuah eksekusi terbuka di Saigon. Yang dilakukan jenderal kepolisian nasional Nguyen Ngoc Loan, kepada Nguyen Van Lem.

Dia mengacungkan pistol jenis revolver smith & wesson bodyguard kaliber 38. Ngoc Loan menembak pelipis kapten Bay Lop (Nguyen Van Lem) yang berdiri sekitar satu meter di sampingnya. Perwira Viet Cong tersebut langsung terkapar bersimbah darah.

Perang Saudara Vietnam

Pergulatan Vietnam Utara dan Selatan dipengaruhi oleh dua kekutan besar yang saat ada. Yakni komunis yang berpengaruh di wilayah Utara dan Vietnam Selatan yang didukung oleh Amerika.

Sehari sebelum foto bersejarah itu dijepret, pasukan Vietnam Utara melancarkan serangan serentak ke kota-kota tempat pangkalan militer di seluruh Vietnam Selatan. Pertemputan itu bertepatan pada tahun baru Imlek (tet), yang kemudian dikenal sebagai tet ofensif.

Dalam serangan itu, tentara Vietnam Utara sudah merangsek ke jantung Kota Saigon. Dan melakukan penyerangan di dekat Kedutaan Besar AS. Pada saat kekacauan inilah, Eddie Adams mendapatkan foto terbaiknya pada 1 Februari 1968.

Penghargaan Pulitzer

Setahun setelah kejadian itu, Eddie mendapatkan penghargaan Pulitzer kategori foto berita atas karyanya menjepret kekejaman perang di Vietman. Dilansir BBC.com, Eddie semula tidak menduga jika Loan menembak Lem.

Dia mengira, Loan hanya akan mengancam Lem. "Jadi saya secara alami mengangkat kamera saya dan mengambil gambar," jelasnya.

Karya Eddie sendiri ditanyakan sebagai salah 100 foto berpengaruh dunia versi majalah TIME. Lewat jepretannya, lelaki yang tutup usia 71 membawa mengabarkan pada dunia, bahwa tidak ada yang baik dari sebuah peperangan. Dan tujuh tahun setelah karyanya dimuat, perang Vietman selesai.(*)

 
Related Articles
Current Issues
Ini New Normal Ketika Sekolah Harus Aktif Lagi Versi CDC Amerika Serikat

Current Issues
Kunjungi Luar Angkasa Secara Virtual Bersama ‘Go for Flight’ NASA

Current Issues
Setelah 10 Tahun, NASA dan SpaceX Kembali Terbangkan Manusia ke Luar Angkasa