Sport

Coronavirus Bikin Agenda Olahraga di Tiongkok Ditunda

Shava

Posted on February 1st 2020

Coronavirus membuat kompetisi kasta tertinggi di Tingkok, Chinese Super League (CSL) musim 2020 ditunda. Hingga saat ini belum ada kepastian kapan CSL musim akan digulirkan. Selain itu, sebaran virus ini membuat sejumlah event olahraga lain di Tiongkok harus dibatalkan.

CSL memang menjadi salah satu tujuan pemain top dunia. Utamanya mereka yang sudah memasuki masa senja. Selain kompetisi yang lebih ringan daripada liga-liga di Eropa, klub-klub CSL juga menawarkan gaji tinggi bagi mereka yang mau merumput Tiongkok.

Saat ini ada banyak bintang top yang bermain di CSL. Sebut saja Yaya Toure yang membela Qingdao Huanghai. Kemudian Marouane Fellaini, dan Graziano Pelle di Shandong Luneng Taishan. Sedangkan Marek Hamsík, dan Salomon Rondon memperkuat Dalian Pro

Kompetisi CSL musim seharusnya dimulai pada 22 Februari hingga 31 Oktober. Namun, merebaknya coronavirus di negeri ini membuat CSL, dan seluruh kompetisi sepak bola di semua tingkatan, ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Langkah ini diambil untuk membantu pencegahan, dan pengendalian epidemi pneumonia dari infeksi coronavirus. Serta untuk melindungi kesehatan, dari mayoritas penggemar, media, pemain, pelatih, ofisial pertandingan, klub, dan staf distrik," jelas Federasi Sepak Bola Tiongkok dalam keterangan resminya.

Sepak bola bukan satu-satunya olahraga yang harus ditunda karena Coronavirus. Sebelumnya, salah satu ajang balap sepeda paling bergengsi di Tiongkok, Tour of Hainan, juga ditunda karena masalah yang sama.

Kemudian Piala Dunia Ski alpen yang dijadwalkan 15-16 Februari di Yanqing, secara resmi dibatalkan. Kejuaraan Dunia Atletik Indoor 2020 terpaksa diundur selama 12. Ajang ini seharusnya dilangsungkan di Nanjing pada 13-15 Maret nanti.

Ajang lain seperti Formula 1, dan Formula E juga masih memantau keadaan. Formula 1 bakal menggelar GP Shanghai pada 17-19 April. Sedangkan Formula E seharusnya digeber di Sanya, selatan Tiongkok, pada 21 Maret nanti.

Related Articles
Sport
Gara-gara Coronavirus, Jatim Pulangkan Atlet yang TC di Tiongkok

Sport
Para Pemain NBA Bakal Kenakan Cincin Canggih untuk Deteksi Covid-19?

Sport
Balapan Esports, Pembalap Beneran Kalah dari Gamers