Interest

Tampilan Game MOBA Buatan Indonesia: Lokapala, Shellfire, dan Lord of Estera

Faanissaa

Posted on February 1st 2020

 

Saat ini Indonesia adalah salah satu pasar industri game paling subur di dunia. Data Newzoo menunjukkan jumlah pengguna smartphone di seluruh dunia mencapai lebih dari 3,3 miliar selama 2019. Total jumlah pemain game mobile di seluruh dunia mencapai 2,3 miliar.

Di Indonesia sendiri pengguna smartphone mencapai 82 juta lebih. Dari jumlah itu ada 52 juta pemain game mobile. Indonesia juga menyumbang sebesar USD 624 juta atau setara Rp 8,7 triliun untuk mobile gaming selama 2019.

Developer game lokal nampaknya tak ingin ketinggalan memanfaatkan momentum itu. Mereka berlomba-lomba membuat game terbaik untuk menggaet minat para pemain mobile game. Selain Battle of Satria Dewa yang mengadaptasi film Semesta Satria Dewa, ada tiga game lainnya yang boleh dicoba.

 

Lokapala: Saga of Six Realms buatan Anantarupa Studios sudah siap-siap meluncur. Para pemainnya sudah bisa melakukan pre-register di Playstore. Kabarnya developer sudah menyiapkan game ini sejak akhir 2018 lalu. Game ini digarap sangat serius. Apalagi setelah jalinan kerjasama dengan Dunia Games dan Melon Telkomsel sebagai publisher di Indonesia.

Game ini mengusung konsep Game Multiplayer Online Battle Arena (Moba). Ya, seperti Mobile Legends dan Arena of Valor. Bedanya, tentu ada pada hero atau karakter game tersebut.  Mereka menyebut hero-hero bikinan mereka sebagai Ksatriya. Dari namanya sudah kelihatan bahwa karakter yang bakal digunakan erat dengan budaya Indonesia.

Dari website resmi mereka kita bisa mengintip sejumlah bocoran tentang Ksatriya tersebut. Salah satunya adalah Nala. Dia adalah laksamana angkatan laut perempuan dari Kerajaan Majapahit. Dia membawa senjata berupa cambuk. Bisa jadi ini hero jarak dekat bisa juga jarak jauh.

 

Shellfire adalah game gabungan dua genre. Yakni Moba tapi dengan tampilan FPS. Sejak dirilis satu setengah tahun lalu, ShellFire menjadi salah satu game alternatif bagi pemain yang jenuh dengan game MOBA yang telah ada.

Konsepnya heronya sama dengan Bobile Legends atau AOV. Terdapat hero bertipe tank, attack, defend, dan support. Namun pemain tidak memaikannya dengan tampilan atas atau drone view. Melainkan secara FPS seperti main PUBD atau Free Fire.

Sayangnya selama peluncuran masih banyak yang harus dibenahi. Dari 73.000 review Shellfire hanya mendapat rating sebesar 3,7.

 

Ini adalah game kedua yang dirilis Dunia Games dan Telkomsel. Game bergenre RPG (role-playing game) itu termasuk game mini yang tak perlu HP berspesifikasi tinggi. Perangkat dengan sistem operasi Android dengan versi 6.0 atau iOS dengan versi 8.0 tetap bisa menjalankannya.

Lord of Estera adalah pertarungan antar kartu hero. Untuk menang pemain harus mempertahankan Lord selaku raja yang harus dijaga dari serangan musuh. Untuk melakukannya, pemain dapat mengumpulkan jenis-jenis hero dengan berbagai tipe rarity, meliputi Elite, Rare, Epic, dan Legendary.

Terdapat 60 karakter Hero yang dibagi ke dalam lima ras dengan peran strategis berbeda, yakni Human, Undead, Orc, Pirate, dan God. Selain itu, Lord of Estera menyediakan tiga tipe PVP berbeda, yaitu 1 vs 1 Same Server Battle, 1 vs 1 Cross Server Battle, dan 1 vs 1 Rank Match di semua server. (*)

Related Articles
Interest
MOBA 'Lokapala' Karya Anak Bangsa Terus Tingkatkan Kenyamanan Bermain

Interest
Pre-Registration Game Mobile 'One Punch Man' Resmi Dibuka

Interest
Call of Duty: Mobile Segera Luncurkan Mode Zombie