Sport

Gila! Tiket Nonton Final American Football ini Rata-Rata Rp 142 Juta

Ferliansyah

Posted on February 1st 2020

Piala Super Bowl (Foto: CNBC)

Final liga olahraga terbesar di Amerika Serikat, 'Super Bowl LIV (54)' akan digelar Minggu (2/2) waktu setempat. Atau Senin pagi waktu Indonesia barat.

Dua tim besar akan bertemu di laga super penting itu. Yakni San Francisco 49ers (juara National Footbal Conference - NFC) dan Kansas City Chiefs (juara American Football Conference - AFC). Mereka akan bertemu di Stadion Hard Rock, Miami Gardens, Florida.

Pertandingan olahraga american football ini menjadi ajang yang paling prestisius dan digilai warga Amerika. Hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki minat dan ketertarikan yang tinggi terhadap olahraga satu ini. Oleh sebab itulah, setiap tahun penjualan tiket Super Bowl ini selalu laris manis. Dan, mampu mencatat pendapatan yang tinggi.

Emang berapa sih harga tiket nonton final Super Bowl ini? Apakah setara dengan harga tiket Coachella? let's find out!

Berdasarkan laman resmi NFL --penyelenggara Super Bowl LIV (54)-- harga jual tiket Super Bowl dilakukan dengan mekanisme demand and supply. Alias berdasarkan permintaan dan penawaran dari pembeli dengan harga awal yang telah ditentukan sebelumnya oleh pihak penyelenggara.

Sistem ini menjadi masuk akal mengingat hampir setiap tahun jumlah penonton Super Bowl ini sendiri selalu melonjak tinggi. Hingga melebihi kapasitas kursi penonton yang tersedia.

NFL (National Football League) sendiri mematok harga awal tiket sebesar USD 5.774. Ini harga tiket termurah loh. Namun harga tersebut nyatanya terus mengalami perubahan. NFL sendiri mencatat harga rata-rata tiket sementara mencapai USD 8.010. Setara dengan Rp 110.315.322. Iya, ini bukan typo, tiketnya setara Rp 110 juta.

Well, pada Jum'at lalu, TicketIQ mencatat rata-rata harga tiket Supor Bowl mengalami peningkatan harga. Rata-rata untuk tiket termurah mencapai mencapai USD 10.358. Atau sebesar Rp 142,6 juta lebih. Harga tersebut berhasil memecahkan rekor sebagai harga penjualan paling mahal sepanjang sejarah NFL. Bahkan, melebihi penjualan termahal sebelumnya pada saat Super Bowl XLIX, 2015 silam.

Tingginya permintaan dan terbatasnya jumlah kursi yang tersedia dituding menjadi penyebab meningkatnya harga penjualan tiket tersebut. Bahkan pada 24 jam terakhir atau pada Kamis lalu, jumlah persediaan tiket hanya tersisa 36 persen saja. Padahal kapasitas stadion Miami itu sendiri terbilang besar, yaitu mencapai 65 ribu kursi.

Perhelatan Super Bowl ke-54 ini turut dimeriahkan penampilan sejumlah artis. Termasuk Jennifer Lopez dan Shakira. Mereka sebagai performer pada Super Bowl Halftime Show. Ada juga Demi Lovato yang akan tampil lebih awal menyanyikan lagu kebangbasaan Amerika Serikat.

Btw, meskipun harga tiket nonton langsung Super Bowl ini tergolong mahal. Tapi, buat kalian pecinta Super Bowl jangan khawatir. Karena, NFL sendiri akan turut menyiarkan pertandingan ini secara live streaming melalui aplikasi NFL Game Pass. Jadi, jangan pada takut ketinggalan. Atau kalian yang ada di Surabaya bisa ikut nonton bareng di Wdnsdy Cafe, Senin pagi (3/1).(*)

 

Related Articles
Sport
Super Bowl, Lebih dari Sekedar Final American Football!

Interest
Lagi Heboh Super Bowl LIV! Begini Sistem dan Cara Main American Football

Sport
Keseruan Nobar Super Bowl LIV di Wdnsdy Cafe