Sport

Krzysztof Piatek dan Kutukan Pemilik Nomor Jersey 9 di AC Milan

Mainmain.id

Posted on February 1st 2020

Nama Krzysztof Piatek mendadak viral. Itu karena pemain asal Polandia itu berganti klub. Setelah setahun membela AC Milan, I Rossoneri melepas pemain 24 tahun tersebut ke klub Bundesliga, Hertha Berlin. Piatek pindah dengan nilai transfer 27 juta euro atau setara Rp 406 miliar.

Kepindahan Piatek menjadi ramai diperbincangan karena para penggemar sepak bola mengaitkannya dengan kutukan nomor jersey 9 di AC Milan. Kutukan? Bagi kalian fans I Rossoneri pasti paham soal ini. Ya, di AC Milan memang seperti ada kutukan untuk para pengguna nomor jersey 9. Sejak Filippo Inzaghi pensiun, pemain yang memakai nomor 9 penampilannya selalu menurun.

'Korban' terbarunya ya si Piatek. Awalnya dia sempat tampil moncer. Namun begitu menggunakan jersey nomor 9, penampilannya drop. Piatek hanya mencetak empat gol dari 18 penampilannya di Serie A.

Padahal saat baru bergabung dari Genoa pada pertengahan musim lalu, penampilannya terbilang tokcer dengan membukukan sembilan gol dari 18 aksinya di liga. Saat itu Piatek masih menggunakan nomor 19. Piatek menggunakan angka 9 menggantikan Gonzalo Higuain. 

Siapa saja pemain AC Milan yang sial ketika menggunakan nomor 9?

Gonzalo Higuain

Higuain datang ke AC Milan dengan status pinjaman dari Juventus, Agustus 2018. Ketika itu sebenarnya penampilan Higuain masih mengesankan. Tapi begitu masuk AC Milan dengan jersey nomor 9 Higuain tampil jelek. Dia hanya membuat enam gol dari 15 laga di Serie A selama setengah musim. Akhirnya pada Januari 2019, Si Nyonya Tua --julukan Juventus-- meminjamkan sang bintang ke Chelsea.

Andre Silva

Silva didatangkan AC Milan dari FC Porto pada musim panas 2017. Di musim perdananya, dia langsung memilih nomor jersey 9. Ternyata sepanjang 24 pertandingan di AC Milan, Silva hanya mencetak 2 gol. Silva kemudian dipinjamkan ke Sevilla. Dan kini memperkuat Eintracht Frankfurt.

Gianluca Lapadula

Pemain ini didatangkan AC Milan dari Pescara pada musim panas 2016. Pemain binaan Juventus itu langsung menggunakan nomor jersey 9. Tapi sayangnya penampilannya di AC Milan tidak istimewa. Dari 27 penampilannya di Serie A, dia hanya mencetak 8 gol. Lapadula kemudian dilepas ke Genoa pada Juli 2017 sebagai pemain pinjaman, sampai akhirnya dipermanenkan.

Luiz Adriano

Adriano merumput di San Siro --stadion AC Milan-- pada musim 2015 hingga 2017. Penampilan pemain asal Brasil itu di luar ekspektasi banyak orang. Dia hanya meceploskan 4 gol dari 26 penampilannya di AC Milan. Klub dengan jersey merah-hitam itu pun akhirnya melepas Adriano ke Spartak Moskow pada Januari 2017.

Mattia Destro

Destro datang ke AC Milan pada musim dingin 2015. Dia berstatus pinjaman dari AS Roma. Milanisti --julukan suporter AC Milan-- sempat berharap Destro bisa tampil semoncer di AS Roma. Tapi ternyata pemain yang memilih bernomor 9 ini mandul. Dia hanya mencetak 3 gol dari 15 penampilannya bersama AC Milan. Destro pun dikembalikan ke Roma dan akhirnya dijual ke Bologna.

Fernando Torres

Siapa yang gak kenal Torres? Pemain berjuluk El Nino itu merupakan striker tajam. Ditakuti bek-bek lawan. El Nino datang ke AC Milan dengan status pinjaman dari Chelsea pada musim 2014. Di Milan ia memilih angka favoritnya 9.

Sayang, kutukan sepertinya terjadi pada Torres. Dengan nomer 9 itu dia hanya bermain enam bulan. Hanya mencetak 1 gol dari 10 penampilannya. Torres pun akhirnya kembali ke klub lamanya, Atletico Madrid. Di sana dia kembali moncer dibanding ketika di AC Milan.

Alessandro Matri

Sebagai didikan I Rossoneri, Matri dipercaya masuk tim senior pada musim 2003. Dia sempat dipinjamkan ke Cagliari dan Juventus. Dia kedua klub itu menampilannya menjanjikan.

Pada musim 2013 dia kembali ke Milan. Mendapatkan kepercayaan menggunakan nomor 9 yang dianggap keramat. Sayang penampilan Matri tak seperti di dua klub sebelumnya. Selama berseragam Milan, dia hanya membuat 1 gol dari 15 pertandingan di Serie A. Matri akhirnya dipinjamkan ke Fiorentina, Genoa, Lazio, Juventus dan Lazio. Hingga akhirnya Matri dilepas ke Sassuolo pada 2016.

Pato

Pemain berjuluk si bebek itu datang ke Milan dengan memakai nomor punggung 9 pada awal musim 2012/2013. Dia menggantikan peran Inzaghi yang pensiun. Seketika peformanya langsung melempem. Badai cedera melandanya. Pato pun hanya tampil empat kali di Serie A tanpa pernah mencetak gol. Pato akhirnya hengkang ke Corinthians.

Nomor 9 selama ini memang dipakai para bintang di sejumlah klub. Termasuk di AC Milan. Sebelum Filippo Inzaghi pensiun, nomor-nomor itu selalu dipakai para bintang dan penampilan mereka mengesankan. Menjadi pahlawan bagi AC Milan di sejumlah kompetisi. Sebut saja George Weah, Roberto Baggio, Patrick Kluivert, Jean-Pierre Papin dan sang legenda Marco Van Basten.

Mengenai kutukan nomor 9, Filippo Inzaghi juga heran. “Kutukan nomor 9? Saya tidak tahu bagaimana mereka bisa mengalahkannya. Tapi, saya berharap mereka segera menemukan nomor 9 yang bisa tampil seperti saya ketika di Milan," ujar Inzaghi pada sebuah wawancara dengan Milan News, 21 Januari 2019 lalu.(*)

Related Articles
Sport
Sitha Marino: Warga Negara Italia yang Ingin Membela Timnas Indonesia

Sport
On This Date: 10 Maret 2000 Trofi NBA Sportsmanship Award Dinamai Joe Dumars

Sport
Coronavirus Mewabah, Ini Pesan Para Pemain NBA untuk Para Fansnya