Current Issues

Greta Thunberg Bikin Trademark Untuk Nama dan Gerakannya

Regina

Posted on January 31st 2020

Greta Thuberg, aktivis muda asal Swedia, dibuat kesal karena ulah para pembisnis yang memakai namanyi, dan kegiatan kampanyenyi untuk berdagang. Dia kemudian mendaftarkan namanyi, dan gerakan ‘Fridays For Future’ yang didirikan sejak 2018 itu, untuk di-trademark. Atau mengajukan menjadi merek.

Dia mengunggah hal di akun Instagram pribadinyi. Langkah ini dipilihi untuk menindak siapa saja yang mencoba menerapkan nama, atau gerakannyi, untuk hal yang tidak sesuai dengannyi. Selain itu, setelah di-trademark, nama itu bisa digunakan untuk meluncurkan nirlaba barunyi.

“Sayangnya masih ada orang yang mencoba menyamar menjadi saya. Atau mereka mengklaim mewakili saya untuk berkomunikasi dengan pejabat tinggi, politisi, media, dan seniman,” tulisnyi.

Melansir Euro News, Greta mengatakan, ‘Fridays For Future’, dan ‘Skolstrejk for Klimatet’ termasuk bagian dari trademark. Menurutnyi, itu untuk dilakukan untuk melindungi aktivis lain yang tergabung dalam gerakannyi.

“Nama saya, dan gerakan #FridaysForFuture terus-menerus digunakan untuk tujuan komersial tanpa persetujuan apapun. Itu terjadi misalnya dalam pemasaran, penjualan produk, dan orang-orang yang mengumpulkan uang atas nama saya dan gerakan ini,” keluhnyi.

Greta juga meminta maaf kepada semua pihak yang dirugikan. “Saya minta maaf pada siapa saja yang sudah dikontak, dan ditawarkan sesuatu dengan mengatasnamakan saya, dan gerakan saya,” tuturnyi.

Greta juga mengabarkan bahwa dia sedang mendirikan yayasan nirlaba. Yayasan itu dibangun bersama keluarganya. “Ini bukan hanya nirlaba yang sekadar berkampanye. Ini nirlaba yang mengatur keuangan dari sumbangan, hadiah, dan lainnya secara transparan," jelasnya.

Greta menambahkan, "Ini membutuhkan banyak waktu untuk dikerjakan. Tujuan yayasan ini untuk mempromosikan keberlajutan ekologis, iklim, dan kesehatan mental.” Ia berjanji akan memberi update tentang nirlaba anyarnyi tersebut.

Greta yang menjadi perhatian utama di Forum Ekonomi Global di Davos bulan ini, serta teman-teman aktivis muda di gerakan itu menginkan para politisi mendengarkan para ilmuwan iklim dan mengambil tindakan mereka untuk memberantas pemanasan global.

 

Related Articles
Current Issues
Greta Thunberg Jadi 'Person of the Year' Majalah Time

Current Issues
Film Dokumenter Greta Thunberg Tayang 2020

Current Issues
Greta Thunberg Ganti Bio Twitter Untuk Sindir Trump