Interest

WhatsApp di Android Versi Gingerbread Tak Bisa Lagi Dipakai

Gunawan Sutanto

Posted on January 31st 2020

Kalian pengguna Android, jangan kaget ya kalau tiba-tiba besok (1 Februari 2020) WhatsApp di ponselmu gak bisa dipakai. Bisa saja itu karena ponsel kalian termasuk yang terkena penghentian dukungan WhatsApp.

Ya, WhatsApp memang menghentikan dukungan untuk smartphone dengan operating system (OS) Android versi tertentu. Tapi tenang saja, Android yang tak bisa menggunakan WhatsApp kebanyakan versi lawas. Yang kemungkinan tidak tertanam di ponselmu. 

WhatsApp sendiri sudah memberikan pengumuman terkait kebijakannya ini. Mengutip halaman FAQ WhatsApp di situs resminya, ada sejumlah OS Android yang sudah tak bisa menggunakan WhatsApp. Yakni OS Android versi 2.3.7 atau Gingerbread. Sebagaimana diketahui, versi terbaru Android saat ini adalah 10 atau Android Q.

WhatsApp melakukan penghentian layanan di Android versi lawas karena ingin fokus pada OS yang digunakan banyak orang saat ini. Ya, Android Gingerbread memang kebanyakan sudah tak digunakan di ponsel-ponsel kebanyakan orang. Android versi itu dirilis pada 2011.

"Jika Anda menggunakan salah satu dari perangkat seluler yang terkena dampak dari keputusan kami ini, kami merekomendasikan agar Anda meningkatkan (OS) ke lebih baru," tulis WhatsApp di rilisnya.

Nah, untuk melakukan pengecekan OS yang nancap di ponsel Androidmu, kalian bisa masuk ke menu setting. Lalu pilih About Phone atau About Device. Biasanya ada di bagian bawah sendiri. Setelah itu cari Android Version. Biasanya nama kode OS yang muncul di sana. Cek saja, apakah Android itu versi 2.3.3, 2.3.2 yang masuk sebagai versi Gingerbread.(*)

Versi Android dari masa ke masa

 
Related Articles
Interest
Kalian Masih Pake OS ini di Android dan iPhone? Siap-siap Gak Bisa Pake WhatsApp

Tech
Makin Nyaman, YouTube, Gmail, Twitter, hingga WhatsApp Bisa Mode Gelap

Tech
Begini Cara Mudah Kirim Pesan Terjadwal WhatsApp di Android dan iOS