Entertainment

Pertama Kali Dapat Daesang, Fans Trendingkan Tagar #Taeyeon1stDaesang

Delima Pangaribuan

Posted on January 31st 2020

Kamis malam (30/1) tampaknya adalah malamnya Taeyeon. Solois jebolan girl group legendaris Girls' Generation alias SNSD itu akhirnya mendapatkan daesang (grand-prize) pertamanya dalam ajang Seoul Music Awards 2020.
 
Taeyeon memenangkan kategori 'Artist of the Year Digital'. Melansir Soompi, penghargaannya ini diraih berkat lagu 'Four Seasons' yang dia rilis 24 Maret 2019 lalu sebagai single digital.
 
'Four Seasons' pernah memuncaki Billboard K-Pop Hot 100 dan Gaon Digital Chart di peringkat pertama. Single itu lantas masuk ke album Taeyeon 'Purpose' edisi deluxe dan repackage yang rilis pada 28 Oktober 2019.
 
 
Selain memenangkan daesang, Taeyeon juga mendapat bonsang atau main award untuk dan OST Award untuk lagu 'A Poem Titled to You' yang merupakan original soundtrack drama populer 'Hotel Del Luna'.     
 
Waktu diumumin sama MC Shin Dongyup, Taeyeon kelihatan agak syok dan dia mengaku nggak menyangka bisa dapat daesang tahun ini. Ini merupakan daesang pertamanya sebagai solois.
 
Padahal dia sudah debut solo sejak 2015 dan dikenal sebagai salah satu vokalis wanita terbaik di kancah KPop. Makanya, seluruh undangan yang hadir sampai ngasih standing ovation buat Taeyeon.
 
"Pertama-tama, terima kasih banyak. Aku pikir ada banyak sekali orang yang hadir di sini yang bisa menerima penghargaan ini. Terima kasih. Aku sangat tegang," ujar Taeyeon dalam pidato kemenangannya.
 
"Ada banyak sekali komposer yang luar biasa yang menciptakan lagu yang juga luar biasa, dan aku sangat bersyukur atas mereka semua. Aku akan terus bekerja lebih keras. SONE (fans SNSD), aku cinta kalian, terima kasih," lanjutnnya.
 
 
Ketika ditanya MC Jo Bo-ah, Taeyeon mengaku teringat pada orang tuanya dan para member SNSD ketika menerima penghargaan ini. Dia juga berterima kasih kepada fans yang selalu mendukungnya baik sebagai solois maupun member SNSD. "Kalian selalu menungguku. Aku bisa terus membuat musik karena ada orang-orang yang mendengarkannya," ucap penyanyi asal Busan itu.
 
Ini juga malam yang spesial buat Taeyeon dan SONE khususnya karena bisa melihat member kesayangan mereka reuni. Choi Sooyoung, salah satu member SNSD yang sudah hengkang dari SM Entertainment sejak 2018, hadir di Seoul Music Awards 2020 sebagai MC. Dia bahkan sempat memberikan buket bunga kepada Taeyeon yang naik ke atas panggung menerima penghargaan. 
 
Interaksi keduanya jelas membuat SONE langsung bernostalgia. Kata kunci 'Taeyeon' dan 'Sooyoung' sempat trending di Twitter. Dan begitu Taeyeon menang daesang pertamanya, fans juga kompak menaikkan tagar #Taeyeon1stDaesang. 
 
Selain Taeyeon, beberapa artis lain juga mendapatkan bonsang atau main award. Berikut daftar lengkap pemenang Seoul Music Awards 2020.
 
- Daesang (Artist of th Year Digital): Taeyeon
- Daesang (Album of the Year): Maps of the Soul: Persona (BTS)
- Bonsang: NCT Dream, Kim Chungha, Red Velvet, Paul Kim, BTS, EXO, Mamamoo, Monsta X, NU'EST, TWICE, Super Junior, Taeyeon
- Rookie of the Year: TXT, ITZY, AB6IX
- R&B Hip Hop Award: Kassy
- Ballad Award: Kim Jaehwan
- OST Award: Taeyeon
- Band Award: Daybreak
- Dance Performance Award: Ha Sungwoon
- Hallyu Special Award: EXO
- Popularity Award: EXO
- QQ Music Award: EXO
- Jury Special Award: Song Gain
 
Seoul Music Awards sendiri diadakan oleh media Sport Seoul sejak 1990. Melansir AllKpop, penilaian Seoul Music Awards ini dihitung 20 persen voting mobile, 10 persen polling Sport Seoul, 40 persen angka digital download dan penjualan album, dan 30 persen skor penjurian. Kecuali untuk satu kategori yakni Popularity Awards, penghitungan diambil 100 persen polling Sport Seoul. Selamat buat semua pemenang! (*) 
Artikel Terkait
Entertainment
Ranking Idol Januari 2020 Diumumkan, Jimin BTS Bertahan di Peringkat 1

Entertainment
Keren! YouTuber Edit Suara Brendon Urie dan Taeyeon Duet Nyanyikan OST Frozen 2

Entertainment
Taeyeon 'Girls' Generation' Bakal Comeback dengan Album 'Purpose'