Interest

Server PUBG Mobile Jebol Akibat Coronavirus, Kok Bisa?

Faanissaa

Posted on January 30th 2020

Sejumlah pemain PUBG mobile mengeluhkan permainan jadi nyendat alias nge-lag. Itu bukan karena internet atau smartphone mereka. Tapi gara-gara server PUBG jebol. Dan itu ada hubungannya dengan Coronavirus. Kok bisa?

Jadi, PUBG merupakan game terbesar kelima di dunia. Mereka berhasil menggeser posisi Clash Royale dan Pokemon Go. Saat Coronavirus menyerang orang-orang di Tiongkok juga jadi takut keluar rumah. Jalanan jadi sepi.

Jalanan Kota Wuhan yang biasanya ramai jadi sepi (kredit foto: AFP) 

Dalam kondisi liburan itu mereka harus mencari hiburan. Dan yang paling mudah adalah main Game for Peace --sebutan PUBG di Tiongkok. Game tersebut memang sedang digandrungi di Tiongkok.

Pemain PUBG pun dilaporkan melonjak tiga kali lipat dari biasanya. Hal tersebut diakui oleh Tencent, pengembang game PUBG. “Antusiasme pemain sangat luar biasa, sehingga terjadi masalah,” kata Tencent seperti dikutip dari South China Morning Post.

Charlie Moseley, pendiri Chengdu Gaming Federation menerangkan bahwa Coronavirus menyerang di masa liburan imlek. Dan itu terjadi tak hanya Wuhan. Hampir seluruh wilayah Tiongkok yang biasanya tak pernah sepi kini jadi lengang. Acara-acara yang disiapkan untuk imlek dibatalkan.

Kendati begitu Moseley yakin Tencent mampu mengatasi persoalan tersebut. Sehingga para pemain PUBG di seluruh dunia tidak terganggu. Begitu pula warga Tiongkok yang tak punya pilihan lain di masa liburannya selain main game.

"Lonjakan populasi game online sangat besar. Akan tetapi Tencent pasti mampu mengatasinya," kata Moseley seperti dikutip Abacusnews.

Moseley mengatakan, hampir semua orang di Tiongkok memilih bermain game online untuk mengisi waktu di tengah ketakutan akan penyebaran Coronavirus.

Masalah jebolnya server PUBG "karena Coronavirus" itu sempat jadi trending topic di Weibo, salah satu media sosial yang banyak diakses di Tiongkok.(*)

 

 
Related Articles
Interest
Update Laporan dari Wuhan: Hari ke-6, Kota Masih Diisolasi

Interest
Akibat Coronavirus, 6 Tempat yang Biasanya Penuh Sesak jadi Sesunyi Ini

Interest
Antisipasi Penyebaran Coronavirus, Disneyland Ditutup Sementara