Interest

Update Laporan dari Wuhan: Hari ke-6, Kota Masih Diisolasi

Mainmain.id

Posted on January 27th 2020

Mainmain.id mendapatkan laporan kondisi terkini seputar Coronavirus dari salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Tiongkok, Zakia Ayu Alvita Abidin Putri. Vita --sapaan Zakia Ayu Alvita-- merupakan mahasiswa program beasiswa Indonesia Tionghoa Culture Center (ITCC).

Zakia bersama Fitra dan Faiz di depan asrama di Wuhan sebelum kejadian menyebarnya Coronavirus.

"Kondisi terakhir, Wuhan masih di-lock. Ini sudah hari keenam. Masih belum ada akses transportasi yang buka. Mall dan tempat-tempat publik masih tutup," kata Vita melalui aplikasi WhatsApp.

Vita sudah di Wuhan sejak dua minggu lalu. Kedatangannya ke Wuhan sebenarnya untuk mengisi liburan kuliah. Dia selama ini menempuh kuliah di Huangshi, salah satu kota di Provinsi Hubei.

Huangshi dan Wuhan sendiri hanya berjarak 30 menit. Kedua kota itu sama-sama berada di wilayah administratif Provinsi Hubei. "Jadwal perkuliahan sebenarnya pertengahan Februari nanti, tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi dari kampus apakah ada penundaan perkuliahan atau tidak," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah Indonesia melalui perwakilannya di KBRI selalu memantau kondisi Warga Negara Indonesia yang berada di Tiongkok, terutama yang tinggal di Provinsi Hubei. "Ada grup WeChat khusus yang isinya para mahasiswa dan perwakilan dari KBRI. Mereka selalu memantau dan mendata kami. Tapi belum ada informasi terkait evakuasi," terang mahasiswa asal Pulau Nunukan, Kalimantan Utara.

Sebagaimana diketahui, Vita merupakan mahasiswa program beasiswa ITCC. ITCC merupakan lembaga yang didirikan mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang bergerak di bidang pendidikan.

Tiap tahun lembaga itu menjembatani beasiswa pendidikan di Tiongkok untuk anak-anak dari seluruh Indonesia. Vita sendiri memilih menempuh pendidikan kedokteran. Saat ini dia sudah menempuh semester delapan.(*)

Baca juga: - Menkes Tiongkok Sebut Coronavirus Bisa Menyebar Tanpa Menunjukkan Gejala

QnA Coronavirus: Definisi, Gejala, Cara Mencegah hingga Tingkat Kesembuhan

- Coronavirus Makin Menyebar, Tiongkok Tutup Hampir 70.000 Bioskop

- Coronavirus, Virus Baru Mirip Pneumonia yang Menular Antar Manusia

- Anjing ini Selamatkan Satu Keluarga dari Coronavirus

- Selain Virus Corona, ini 5 Virus Mematikan yang Pernah Bikin Dunia Gempar

- Penggemar Super Junior dari Wuhan Minta Maaf, Takut Tulari Penonton Konser

Related Articles
Interest
Anjing ini Selamatkan Satu Keluarga dari Coronavirus

Interest
Antisipasi Penyebaran Coronavirus, Disneyland Ditutup Sementara

Current Issues
Siswa di Wuhan, Kota Pertama Ditemukannya Covid-19, Kembali Sekolah