Interest

Ini Alasan Agus Riyadi Dirikan Kerajaan Warteg Bahagia

Mainmain.id

Posted on January 26th 2020

 

Menyusul Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire, Kerajaan Warteg Bahagia kini ikut meramaikan banyaknya 'kerajaan' muncul dadakan di Indonesia. Kerajaan Warteg Bahagia ini terletak di Jalan RTM Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Agus Riyadi yang mengaku sebagai Raja Warteg Bahagia, mengatakan bahwa kerajaan ini didirikan guna mendukung ekonomi rakyatnya dari kalangan bawah hingga atas.

"Di sini kita ingin mengangkat anak bangsa karena tidak semua merasakan pendidikan tinggi. Kita memberdayakan kalangan dari SD hingga S3," ungkapnya, seperti ditulis oleh Tempo (25/1).

Agus juga nengatakan bahwa konsep kerajaan warteg bahagia diyakini tidak bertolak belakang dengan konsep dan sejarah NKRI, namun memperkuat ekonomi Indonesia.

Kerajaan Warteg Bahagia ini terdiri dari sekumpulan pengusaha kuliner yang akan menyuguhkan aneka kuliner dengan harga terjangkau.

"Jadi kita sangat berpihak pada mereka yang memiliki budget minim, tetapi ingin menikmati makan enak," katanya.

Ahmad Dwi Saputro selaku Menteri Miss Komunikasi Kerajaan Warteg Bahagia juga mengimbuhkan bahwa pendirian kerajaan ini sebagai bentuk keprihatinan karena tidak ada kerajaan yang mengangkat isu bangsa, tapi hanya memanfaatkan uang rakyatnya.

"Kali ini kerajaan kami mengangkat isu pemberdayaan ekonomi dan bagaimana menjadi bangsa mandiri di sektor kuliner," ujarnya.

Selain itu Ahmad mengatakan jika saat ini warteg dipandang sebagai tempat kuliner ekonomi paling bawah dan kalah bersaing dengan tempat kuliner dari negara asing.

“Kuliner Indonesia sudah dijajah oleh merek asing, dimana bahkan warteg sebagai ekonomi paling bawah semakin tidak berdaya dan tidak diberdayakan,” kata Ahmad.

Mereka optimis dengan sistem mereka dapat mendobrak kekuatan besar di bisnis kuliner jikalau para pelaku usaha kecil dapat bersatu dan solid.

"Dengan kita bersatu kita bisa menurunkan harga. Misal harga beras yang langsung kita pesan ke petani, ayam potong yang bisa langsung ke peternak. Jika ini dijalankan akan menekan ongkos produksi dan harga yang kita jual bisa lebih murah," katanya.

Dengan berdirinya kerajaan Warteg Bahagia ini, Ahmad berharap supaya kuliner Indonesia semakin maju dan mampu bersaing dengan kuliner dunia.

“Kami mengajak insan kuliner Indonesia terutama pengusaha warteg untuk bersatu padu dalam satu kerajaan, yaitu kerajaan warteg bahagia,” ujarnya. (*)

Related Articles
Interest
Setelah Keraton Agung Sejagat dan Sunda Empire, Terbitlah Kesultanan Selaco

Interest
Rangga Sasana, Sosok di Balik Klaim Sunda Empire

Current Issues
Viral Keraton Agung Sejagat! Kenapa Kok Ada yang Percaya? Ini Penjelasan Ahli