Interest

Event Imlek Seru di Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta

Regina

Posted on January 25th 2020

Kampung Ketandan Yogyakarta (Traveling Yuk)

 

Gong Xi Fat Cai!

Merayakan imlek bersama keluarga memang momen berharga, apalagi jika bisa jalan-jalan keluar bersama keluarga. Tapi mau ke mana enaknya kalau Imlek gini selain ke mal? Tenang, karena tim Mainmain sudah merangkum beberapa event di tiga kota: Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta.

 

SURABAYA

 

Kya-kya (Phinemo)

 

Kembang Jepun (Pecinan)

Kembang Jepun atau pecinan ini digadang-gadang sebagai China Town di Surabaya. Tiap perayaan Imlek, banyak warga Surabaya datang ke tempat itu. Karena pecjnan tersebut menjadi salah satu pusat wisata kuliner.

Selain itu, Pecinan ini juga dikenal sebagai sebutan Kya-kya, bahkan menjadi ikon yang mempopulerkan nama Surabaya.

Tidak hanya kulinernya saja yang bisa dinikmati,di kawasan tersebut juga berdiri bangunan-bangunan klasik dengan nuansa Tionghoa. Di malam hari, tempat ini juga menyuguhkan pertunjukan apik khas budaya Tionghoa.

 

Kampung Pecinan Tambak Bayan (Antara)

Kampung Pecinan Tambak Bayan

Ngga cuma kawasan Kembang Jepun saja yang terkenal di Surabaya, ada Kampung Pecinan Tambak Bayan. Tempat ini juga tidak kalah menarik, sebab selain kental dengan budaya Tionghoa di sini kental suasana kebhinekaannya.

Warga di kampung itu rukun meski memiliki tetangga beda suku. Ada beberapa di antara mereka yang melakukan pernikahan alkuturasi. Oleh karenanya banyak, warga Surabaya yang tak segan datang ke sini.

 

YOGYAKARTA

 

Kampoeng Ketandan (Tempo)

Kampoeng Ketandan

Kampung ini terletak di kawasan Malioboro, tak heran bila kawasan ini selalu ramai jika mengadakan acara. Di sini bisa menikmati sajian street food kuliner di kanan kiri jalan. Mohon bersabar bila harus berdesakan, karena memang jalannya sedikit sempit.

Di tempat ini biasanya mengadakan Pekan Budaya Tionghoa, dan diselenggarakan menjelang akhir perayaan imlek atau saat Cap Go Meh. Ada pula perayaan budaya seperti tarian Barongsai, dan Wayang Potehi.

 

Klenteng Gondomanan (Kemdikbud)

Klenteng Gondomanan

Letak klenteng itu hanya 500 meter dari Malioboro. Memiliki nama asli Klenteng Fuk Ling Miau. Klenteng ini merupakan daya tarik wisata, karena bangunannya tergolong bangunan kuno. Diperkirakan berdiri pada tahun 1846.

Di sini, para wisatawan bisa melihat 20 patung dewa. Biasanya menjelang Imlek patung dewa tersebut sudah dimandikan dan diberi pakaian baru.

 

JAKARTA

Petak Sembilan (Pesona)

Petak 9

Di tempat ini biasanya menjadi kawasan Pecinan yang sering dituju wisatawan. Petak 9 didominasi warga Tionghoa, ketika perayaan Imlek, seluruh warganya merayakan di kawasan tersebut.

Di Petak 9, wisatawan bisa menyaksikan langsung kegiatan keagaaman warga Tionghoa. Tapi perlu diingat untuk tidak mengganggu mereka ya. Di sini ada pula bazaar hingga kuliner.

 

Thamrin 10 (Koran Jakarta)

Thamrin 10

Kawasan ini baru saja launching tahun 2019. Ruang publik Thamrin 10 menjadi salah satu titik keramaian di saat Imlek. Ada beberapa festival dan kuliner Imlek di sini. Tak lupa pertunjukan Barongsai dan Wayang Potehi.

Tak hanya kegiatan yang berbau budaya Tionghoa saja, namun ada hiburan lain yang pastinya seru. Seperti screening movie dan stand up comedy.

Itulah beberapa perayaan menarik saat Imlek di beberapa kota. Nah, buat kamu yang bingung ingin ke mana coba jelajah kawasan di atas ya! Kali aja tahun ini makin seru perayaannya. (*)

Related Articles
Interest
9 Ucapan Selamat Imlek Bermakna Indah untuk Orang-orang Tercinta

Interest
Peringati Imlek, Ikan Koi dan Bunga Lotus Muncul di Adidas Ultra Boost 2020

Interest
Peruntungan Shio Tahun 2020: Ayam Perlu Hati-hati, Babi Bernasib Baik