Interest

Coronavirus Makin Menyebar, Tiongkok Tutup Hampir 70.000 Bioskop

Delya Oktovie Apsari

Posted on January 24th 2020

 

Bener-bener berasa lagi di film-film apokaliptik. Tiongkok, negara yang punya paling banyak bioskop, baru saja menutup setidaknya 70.000 bioskopnya. Semua ini gara-gara penyebaran coronavirus di Negeri Tirai Bambu.

Hollywood Reporter menulis, bioskop-bioskop di Tiongkok seperti Wanda, CGV, Bona, Lumiere Pavilions, Jinyi, Dadi dan lain-lain, mengumumkan bahwa mereka akan tutup sementara, Jumat (24/1). Ini merupakan respon mereka terhadap epidemi coronavirus yang telah menginfeksi ratusan warga Tiongkok.

Pada Kamis (23/1), studio-studio film besar di Tiongkok juga membatalkan rencana mereka merilis film-film besar tahun ini. Ini pula yang menjadi alasan bioskop tutup selain penyakit yang mengancam masyarakat; karena nggak ada film baru.

Film-film big-budget yang harusnya rilis Sabtu (25/1) juga terpaksa ditunda. Di antaranya adalah 'Detective Chinatown 3', 'Lost in Russia', 'Leap', 'Vanguard', 'The Rescue' dan 'Boonie Bears: The Wild Life'.

Pre-sale untuk film-film ini sendiri sudah mencapai USD 67,5 juta. Tetapi, karena penutupan sementara ini, studio maupun platform tiket online sedang dalam proses melakukan refund.

Sementara itu, studio Huanxi Media, justru memberi kejutan dengan berencana merilis 'Lost in Russia' secara online. Sehingga, masyarakat bisa menontonnya secara gratis di rumah. Perusahaan tersebut menyarankan penonton untuk 'tetap tinggal dengan aman di rumah dan menonton 'Lost in Russia' bersama Ibumu'.

Terhitung pada Jumat (24/1), lebih dari 800 orang terinfeksi coronavirus. Tak hanya di Tiongkok, tetapi juga di Jepang, Singapura, Korea Selatan, Amerika Serikat, Vietnam, Taiwan, dan Thailand. Sebanyak 25 pengidapnya meninggal di Tiongkok. Delapan kota Tiongkok yang dekat dengan pusat penyebaran coronavirus -- yang merupakan rumah dari jutaan orang -- ditutup dan dijaga ketat. (*)

Baca juga: - Menkes Tiongkok Sebut Coronavirus Bisa Menyebar Tanpa Menunjukkan Gejala

QnA Coronavirus: Definisi, Gejala, Cara Mencegah hingga Tingkat Kesembuhan

- Coronavirus, Virus Baru Mirip Pneumonia yang Menular Antar Manusia

- Anjing ini Selamatkan Satu Keluarga dari Coronavirus

- Selain Virus Corona, ini 5 Virus Mematikan yang Pernah Bikin Dunia Gempar

- Penggemar Super Junior dari Wuhan Minta Maaf, Takut Tulari Penonton Konser

Related Articles
Interest
Update Laporan dari Wuhan: Hari ke-6, Kota Masih Diisolasi

Interest
Antisipasi Penyebaran Coronavirus, Disneyland Ditutup Sementara

Interest
Anjing ini Selamatkan Satu Keluarga dari Coronavirus