Interest

Brand Lokal Zeotic System Jiplak Desain Seniman Belarus

Yusuf Mulya

Posted on January 24th 2020

 

Brand apparel lokal @zeotic_syztem diduga melakukan plagiat desain karya seniman Belarus, @xenijawo. Kasus plagiat mencuat setelah sang seniman mengunggah desain yang dijiplak melalui akun Instragramnya.

"Merek pakaian Indonesia @zeotic_syztem mencuri desain saya dari platform deviantart. Dan menjual pakaian dengan desain saya yang dibuat khusus untuk ANdrii diak. Ini bukan pertama kalinya orang mencuri karya saya !!!," tulis sang seniman.

Postingan yang dibuat Kamis (23/1) itu mendapat komentar banyak netizen. Terutama setelah kasus ini viral di beberapa media online. Netizen Indonesia menyayangkan tindakan plagiat itu.

Kasus plagiat ini di mulai setelah @zeotic_syztem menjual jaket sukajan yang memuat desain milik @xenijawo. Desain bergambar serigala dan naga itu terpasang di punggung jaket berwarna navy dan cokelat.

Sekilas, desain milik @xenijawo yang diunggah di Devianart hampir 90 persen mirip dengan yang tertempel di jaket. Bedanya, di jaket ada tambahan bunga sakura yang menempel di berbagai sudut desain. Desain di jaket juga menambahkan background matahari.

Penelusuran mainmain.id, menunjukkan desain di jaket itu sudah dibuat dan dipasarkan sejak 2018. Itu terlihat dari repost beberapa akun yang menjual dan memakai jaket itu.

Di akun @zeotic_syztem postingan mengenai sukajan berdesain milik @xenijawo telah dihapus. Hanya ada tujuh postingan mengenai jaket di akun itu. 

Melalui Instagram Story, @zeotic_syztem telah meminta maaf mengenai penggunaan desain itu. Mereka akan menyetop produksi untuk pelanggan yang sudah memesan sukajan berdesain wolfsnake tersebut.

Sementara sang ilustrator pembuat desain jaket, Yudhistiart, juga meminta maaf. Dia mengakui bahwa desain itu dia ambil dari Google, lalu mengolahnya. Tanpa tahu desain itu mempunyai pemilik. (*)

Related Articles
Interest
Fashion Show Unik Balenciaga: Scrunchies dari Kabel Charger iPhone

Interest
Unik! Local Brand Maternal Luncurkan Setelan Seragam SMA Seharga Rp 389 Ribu

Interest
Jangan Ngaku Sneakerhead Kalau Belum Kenal Brand-brand Lokal Underrated ini!