Entertainment

Parasite Diangkat jadi Serial TV HBO, Siap Saingi Netflix dan Disney Plus

Drian Bintang

Posted on January 23rd 2020

Setelah banyak menyabet penghargaan dan nominasi Oscar, Parasite akan diangkat serialnya di HBO. (Los Angeles Times)

 

Serasa tidak puas dengan pencapaiannya mendapatkan enam nominasi dalam satu film yang tidak berasal dari Hollywood. Bong Joon Ho kembali melebarkan sayapnya, untuk mengangkat Parasite sebagai serial televisi. Serial ini, akan dinaungi oleh HBO. Kemungkinan serial ini akan menjadi kompetitor terbesar aplikasi video on demand seperti Netflix, Disney Plus, dan Amazon Prime.

Ini diungkapkan langsung oleh Joon Ho ketika diwawancarai oleh The Hollywood Reporters. Menurutnya, jangka waktu 2 jam yang diberikan oleh sebuah film itu tidak cukup. Ada banyak hal yang bisa dia eksplor, dari film karyanya tersebut. Seperti salah satunya, adalah latar belakang dari masing-masing karakter yang ada di film. Baik dari keluarga Kim yang berasal dari rakyat jelata, juga keluarga Park yang berasal dari kaum borjuis.

”Menurut saya ada banyak hal yang bisa terjadi di selip-selip adegan yang ada, termasuk memberikan cerita latar belakang karakter,” ucap pria kelahiran Daegu, Korea Selatan itu.

Nah, eksplorasi itu menurut Joon Ho membutuhkan waktu lebih banyak dari sekedar 2 jam penayangan di layar lebar. Pria 50 tahun itu mengungkapkan, jika diberi kesempatan dia bahkan ingin mengolor waktu filmnya. Sehingga memiliki durasi 5-6 jam, yang kemungkinan tidak akan pernah bisa terjadi ketika seorang sutradara memproduksi sebuah film.

”Jadi dari serial televisi dengan kualitas tinggi ini, saya baru bisa menciptakan ekspansi berkualitas tinggi pula (dari film Parasite),” jelasnya.

 

Joon Ho dan para pemain Parasite ketika datang di SAG Awards. (Aljazeera)

 

Joon Ho menjelaskan, dia terinspirasi oleh sebuah film yang diluncurkan pada tahun ‘80an lalu. Sebuah film yang disutradarai oleh Ingmar Bergman berjudul ‘Fanny and Alexander’. Di mana, film tersebut tidak hanya mendapatkan versi teatrikalnya saja di film. Tapi, film tersebut juga mendapatkan kesempatan untuk mengeksplor filmnya melalui sebuah miniserial di televisi.

Tidak hanya mendapatkan enam nominasi, termasuk Best Pictures di Oscar. Sebelumnya, Parasite booming setelah mendapatkan penghargaan di Cannes Film Festival. Menjadi film Korea Selatan pertama yang mendapatkan Palme d’Or. Hadiah terbesar yang ada di festival tersebut.

Parasite juga memenangkan Best Motion Picture di kategori film berbahasa asing, di Golden Globe. Film Joon Ho turut mendapatkan penghargaan dalam kategori performa pemeran yang menakjubkan dari SAG Awards.

Sejauh ini Joon Ho merasa sangat bangga atas penghargaan yang sudah dia sabet selama ini. Apalagi dia mendapatkan penghargaan di bidang yang dia tekuni saat ini. Membuat film. Hanya saja, nominasi Oscar ini berada jauh dari ekspektasinya. Bukan karena Parasite menyabet banyak nominasi. Karena Joon Ho mengira Song Kang-Ho (pemeran Kim Ki-taek) juga akan dinominasikan sebagai pemeran pendukung terbaik di Oscar.

”Itu memang sedikit mengecewakan sih. Apalagi menurut saya dia (Song Kang-Ho) selalu menyatu dengan film, mulai dari awal hingga akhir,” tambah Joon Ho. (*)

Related Articles
Entertainment
Miniseri 'Parasite' Diperebutkan HBO dan Netflix

Entertainment
Mark Ruffalo Bakal Bintangi 'Parasite' Versi Serial HBO

Entertainment
3 Hal Baru yang Bakal Kalian Temukan di Versi Serial 'Parasite'