Interest

Game 'Cyberpunk 2077': Selesai dan Bisa Dimainkan, Tapi Ditunda

Drian Bintang

Posted on January 22nd 2020

Cyberpunk 2077 ditunda peluncurannya, dari April menjadi September tahun ini. (9to5Google)

 

Para gamer kembali harus bersabar, jika ingin memainkan Cyberpunk 2077 tahun ini. Sebab CD Projekt Red sebagai developernya, baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menunda peluncuran resmi game terbaru mereka. Melalui sebuah update di Twitter, mereka mnengganti jadwal rilisnya dari April ke September.

Sebenarnya, game ini sudah selesai dikerjakan oleh tim Projekt Red. Pengerjaannya sudah berada di tahap finishing, dan permainan pun sebenarnya sudah bisa dimainkan. Hanya saja, demi mendukung kesempurnaan game Projekt Red memutuskan untuk mengundur peluncuran gamenya. Mereka meminta waktu untuk kembali melakukan finishing sehingga game bisa berjalan dengan lancer, tanpa ada glitch. Meskipun pertama kali diluncurkan sekali pun.

Seperti yang kita tahu, peluncuran game biasanya diawali dengan Beta Testernya. Di mana beberapa negara, dan beberapa pelanggan saja yang bisa mendapatkan akses tersebut. Biasanya game yang diluncurkan pertama kali, tidak akan berjalan secara sempurna. Akan ada beberapa glitch yang terjadi di beberapa bagian dari permainan. Developer biasanya akan melakukan penyempurnaan melalui beberapa update  atau downloadable content (DLC) yang mereka luncurkan setelahnya.

Daripada mengeluarkan Beta Tester, atau peringatan kepada pemain. Projekt Red memilih untuk meminta waktu kepada para penggemarnya, yang sudah menunggu-nunggu permainan ini semenjak 2019 lalu. Karena mereka merasa tidak puas dengan apa yang sudah mereka lakukan, dan memutuskan untuk mengulang beberapa proses pengerjaannya. Agar game yang dikeluarkan nantinya sudah dalam keadaan rampung seratus persen.

Sebenarnya ini bukan lah hal yang baru di dunia game. Selama ini, memang banyak developer yang memilih untuk meminta waktu ke penggemarnya. Sekali pun game tersebut, sudah selesai pengerjaannya. Ada beberapa tahap finishing yang harus mereka lakukan agar game bisa berjalan dengan lancer.

Keputusan yang sama juga pernah diambil Naughty Dog. Mereka memutuskan untuk menunda peluncuran Last of Us Part II sampai saat ini. Penundaan tersebut, bahkan dilakukan hanya beberapa minggu sebelum jadwal peluncuran. Dengan alasan, mereka masih harus memoles permainan ini seperti yang ditargetkan oleh studionya.

Dengan ini, para gamer benar-benar harus bersabar. Kemungkinan besar, tahun ini kita tidak akan mendapati mode multiplayer di Cyberpunk 2077. Karena penundaan tersebut, pengerjaan mode terbaru tersebut pun otomatis akan mundur juga. Apalagi karena game ini akan diluncurkan di bulan-bulan terakhir di tahun ini.

Pengumuman April sebagai bulan peluncuran Cyberpunk 2077 ini dilakukan pada 2019 lalu. Ketika para industry gaming di penjuru dunia berkumpul di E3. Selain memperlihatkan demo permainannya, Projekt Red juga mengumumkan bahwa Keanu Reeves akan menjadi salah satu karakter yang ada di game. (*)

Related Articles
Interest
Terjawab Sudah Apa yang Bisa Dilakukan Bersama Keanu Reeves di Cyberpunk 2077

Hobi
CD Projekt Red Rilis Trailer Terbaru Cyberpunk 2077

Interest
Siap-siap, 5 Game Seru Ini Dirilis April 2020