Entertainment

Kenapa 'Black Swan' BTS Bikin Nagih di Telinga? ini 'Racikan' Rahasianya

Delima Pangaribuan

Posted on January 22nd 2020

 
 
Baru lima hari yang lalu single BTS 'Black Swan' dirilis. Tapi, lagu ini sudah akrab banget di telinga para pendengar, terutama ARMY. 'Black Swan' juga masih bertahan di chart-chart teratas di berbagai negara. Nggak bisa dipungkiri, pencapaian itu berhasil diraih BTS karena 'Black Swan' memang segitu nagihnya di telinga.
 
Meski bukan single utamanya, harus diakui BTS mengambil keputusan tepat mengeluarkan 'Black Swan' sebagai single perdana menjelang dirilisnya album baru mereka 'Maps of the Soul: 7' yang sangat highly-anticipated. Bukan hanya versi file audio, BTS juga menyajikan art video dengan musik yang berbeda dari versi audionya. Tapi, sama-sama memanjakan telinga.
 

Di samping aspek teori dan visualnya yang penuh teka-teki, Koreaboo merangkum kenapa 'Black Swan' juga bikin telinga nagih. Setidaknya ada tiga hal yang membangun konstruksi 'Black Swan' menjadi utuh seperti sekarang. Tapi, ketiga konstruksi itu sebenarnya saling berbeda satu sama lain alias nggak nyambung. The power of music, mereka bisa mencampur apa yang tidak nyambung menjadi harmoni.
 
Pertama, ada unsur musik oriental. Begitu pertama didengarkan, pasti kamu langsung membayangkan ini dari alat musik khas Asia Timur. Menurut Koreaboo, suara di intro versi audionya itu menyerupai instrumen tradisional Korea bernama 'gayageum'. Ini adalah alat musik petik yang kerap ditampilkan dalam acara budaya Korea. 
 
Nggak cuma di intro, pada bagian reffrain atau chorus-nya, BTS menggunakan beat skala pentatonik atau lima nada dalam satu oktaf. Skala pentatonik ini sebenarnya ada di seluruh dunia, termasuk di Indonesia (biasa ditemukan di gamelan). Tapi khusus di Korea sendiri, beat ini dikenal dengan nama 'goong-sang-gak-chi-woo'. Aspek ini yang membuat bagian chorus-nya, meskipun ada beat dari bass, tetap kerasa kayak ada unsur lokalnya BTS.
 

Ini artinya, 'Black Swan' juga bisa dimainin pakai gamelan kalau mau (mulai membayangkan). Hahaha...
 
Bunyi 'gayageum' ini juga terdengar di versi art video-nya, melebur sama bunyi instrumen lain seperti biola. Dan di bagian menjelang akhir, ada tambahan instrumen musik perkusi tradisional Korea di dalamnya. Coba perhatikan adegan waktu penari pasang kuda-kuda dan gambarnya di-shot dari dekat dengan kemiringan 45 derajat.
 
 
 
Kedua, adanya unsur trap. Meskipun awalnya dimulai dengan suara instrumen petik yang mendayu, tapi begitu masuk verse atau bait pertama, pendengar disuguhi sama jenis beat bernama trap. Atau bunyinya tuh kalau dihurufkan jadi "dum-tak-dum-dum-tak!" begitu. 
 
Trap sendiri merupakan salah satu cabang hip hop yang kerap menggunakan beat jenis 808 kick base dipadukan sama beat jenis hi-hat yang biasa dimainkan dengan instrumen drum. Contohnya kayak gini.
 
 
 
 
Ketiga, unsur emo hip hop. Emo hip hop dikenal sebagai cabang genre musik hip hop yang memasukkan emosi di dalamnya. Emosi yang dimaksud bukan semacam jatuh cinta atau patah hati, tapi lebih ke isu dalam diri sendiri seperti gangguan kecemasan atau depresi. 
 
Itulah kenapa dulu emo dianggap aneh, padahal sebenarnya nggak ada yang aneh dengan itu karena lewat musik ini musisi berusaha mengenal dan menggali ke dalam diri mereka sendiri.
 
Pesan ini juga yang bisa kita temukan dalam lirik 'Black Swan', terutama di bagian rap-nya. Seperti biasa, rap BTS itu selalu jujur. Mereka berusaha menyampaikan keresahan mereka --entah itu terhadap diri sendiri, orang sekitar, atau dunia secara luas.
 
Sama seperti seniman yang mengkritisi sesuatu lewat karya, inilah medium bagi BTS untuk menjadi kritis. Musik itu nggak melulu soal bagaimana menarik perhatian fans dengan lagu-lagu cinta, tapi bagaimana musisi bisa menyampaikan pesan dengan cara yang bisa diterima fans-nya, "seaneh" dan "seberat" apa pun pesan itu. (*)
Related Articles
Entertainment
Raih 4 Juta Copy, Pre-Order Album Baru BTS Pecahkan Rekor

Entertainment
BTS Ungkap Cerita di Balik MV 'ON' dan 'Black Swan' Serta Pilih Scene Favorit

Entertainment
Spoiler Single Pertama Album Comeback BTS: Black Swan