Current Issues

Coronavirus, Virus Baru Mirip Pneumonia yang Menular Antar Manusia

Ahvi

Posted on January 21st 2020

 

Tiongkok baru saja mengonfirmasi bahwa Coronavirus yang mewabah di daerah Wuhan, dapat ditularkan ke sesama manusia. Virus yang dikenal juga sebagai 2019-nCoV, diketahui sebagai jenis baru Coronavirus yang sebelumnya belum diidentifikasi pada manusia, diyakini berasal dari hewan yang terinfeksi di pasar makanan laut di Wuhan, Tiongkok.

Coronavirus adalah keluarga besar virus, sebelumnya hanya enam yang diketahui dapat menjangkiti manusia. Dengan temuan baru ini, tujuh jenis virus dari keluarga Coronavirus dipastikan dapat menginfeksi manusia.

Total kasus di Tiongkok hingga saat ini mencapai lebih dari 200, termasuk di daerah Beijing dan Shanghai, menunjukkan betapa cepat virus tersebut menyebar. Pemerintah pusat di Beijing meminta semua pihak segera melakukan berbagai langkah cepat dalam melawan mewabahnya virus misterius ini. Virus ini bahkan diyakini telah menyeberang antar negara, dilaporkan telah menjangkiti masyarakat di Korea Selatan, Jepang, dan Thailand.

World Health Organization (WHO) telah menyarankan masyarakat di daerah tempat virus ini mewabah untuk menghindari kontak tanpa perlindungan dengan hewan hidup, memasak daging dan telur dengan baik dan benar, serta menghindari kontak terlalu dekat dengan siapa pun dengan gejala pilek seperti flu. Dikhawatirkan, virus ini akan kembali memakan korban setelah baru saja menewaskan korban keempatnya.

Bandara di Singapura, Hong Kong dan Tokyo telah menyaring penumpang udara dari Wuhan. Pemerintah AS pekan lalu juga mengumumkan langkah serupa di bandara San Francisco, Los Angeles dan New York. Tidak ketinggalan, Pemerintah Australia juga telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai menyaring penumpang yang datang dari Wuhan ke Sydney. Diketahui, Tiongkok adalah sumber turis terbesar ke Australia, sehingga mereka patut berhati-hati.

Kemenkes RI sendiri telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Indonesia yang tinggal di Tiongkok agar tidak berkunjung ke pasar ikan atau tempat penjualan hewan hidup. Kemenkes juga melakukan upaya preventif dan deteksi terutama di pintu-pintu masuk negara, salah satunya meningkatkan pemantauan di setiap bandara, terutama penerbangan dari China ke Indonesia, meskipun belum ada laporan terkait virus ini di Indonesia. Langkah pencegahan memang sudah seharusnya dilakukan.

Gejala awal terinfeksi virus ini meliputi gangguan pernapasan seperti sesak dan kesulitan bernapas, demam, serta batuk. Pencegahan pribadi yang dapat dilakukan adalah dengan selalu memastikan kebersihan diri, termasuk rutin mencuci tangan.

Waduh, stay safe ya teman-teman! (*)

Baca juga: - Menkes Tiongkok Sebut Coronavirus Bisa Menyebar Tanpa Menunjukkan Gejala

QnA Coronavirus: Definisi, Gejala, Cara Mencegah hingga Tingkat Kesembuhan

- Coronavirus Makin Menyebar, Tiongkok Tutup Hampir 70.000 Bioskop

- Anjing ini Selamatkan Satu Keluarga dari Coronavirus

- Selain Virus Corona, ini 5 Virus Mematikan yang Pernah Bikin Dunia Gempar

- Penggemar Super Junior dari Wuhan Minta Maaf, Takut Tulari Penonton Konser

Related Articles
Current Issues
Hand-Sanitizer Langka? Bikin Sendiri Yuk!

Current Issues
Siswa di Wuhan, Kota Pertama Ditemukannya Covid-19, Kembali Sekolah

Current Issues
Banyak yang Sembuh Lalu Positif Lagi, Bisakah Kita Tertular Covid-19 Dua Kali?