Sport

Sosok Anthony Ginting yang Juarai Indonesia Masters 2020

Saniah

Posted on January 20th 2020

Sosok Anthony Ginting yang Juarai Indonesia Masters 2020 (Juara)

 

Anthony Sinisuka Ginting menjadi penutup manis untuk tuan rumah, Indonesia Masters 2020 setelah sukses mengalahkan wakil Denmark, Anders Antonsen, lewat pertarungan tiga gim.

Dalam pertandingan final di Istora, Senayan, Minggu 19 Januari 2020, Anthony Ginting mengunci kemenangan dengan poin 17-21, 21-15, 21-9.

Meski sempat tampil gemilang saat memulai gim pertama. Namun, setelah unggul 7-4, Anthony Ginting justru disalip oleh Antonsen yang merebut lima poin beruntun.

Antonsen tidak ingin kehilangan angin dan akhirnya terus memimpin. Ginting pun harus merelakan gim pertama untuk rivalnya tersebut.

Anthony Ginting kembali bangkit usai kalah di permainan pertama. Tak mengendorkan pola permainan, ia terus memimpin perolehan angka sejak awal. Unggul 11-7 saat interval, dan menyelesaikan gim kedua dengan rapih.

Anthony makin tak terbendung di gim penentuan. Dia menyudahi perlawanan Antonsen dengan skor 21-9 lewat sebuah pukulan di depan net.

Dengan kemenangan Anthony Ginting, Indonesia mengamankan tiga gelar juara. Sebelumnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon 'the Minions' jadi juara di nomor ganda putra dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu mempersembahkan titel di nomor ganda putri.

 

Peringkat Dunia Anthony Ginting  (BWF)

 

Anthony Sinisuka Ginting sendiri adalah atlet pebulutangkis tunggal putra yang namanya sempat mencuri perhatian saat penampilannya melawan Shi Yuqi. Pada saat itu ia mempertontonkan perlawanan yang gigih meski sedang mengalami cedera pada set ketiga partai final dalam Asian Games 2018. Selepas kejadian tersebut, masyarakat Indonesia memiliki harapan besar terhadap Ginting.

Kalau gitu, hayuk mengenal lebih dekat Anthony Ginting!

 

Sosok Anthony Ginting

Atlet bulu tangkis dengan nama lengkap Anthony Sinisuka Ginting ini merupakan pemuda kelahiran Cimahi, 20 Oktober 1999 dan kini berusia 23 tahun. Saat ini ia sedang berada di bawah klub SGS PLN Bandung, meski begitu pria dengan tinggi 171cm ini menjadi pentolan utama untuk kategori tunggal putra mewakili Indonesia pada ajang internasional.

 

Bertemu Bulu Tangkis

Waktu berumur lima tahun atau saat masih di taman kanak-kanak, Ginting sering diajak bermain bulutangkis oleh sang ayah bersama teman-teman kantornya.

Kebetulan lapangan bulu tangkis tersebut juga merupakan tempat latihan suatu klub profesional. Di umur 7 tahun ginting mulai latihan serius bersama klub tersebut. Saat akan masuk SMA Ginting pun mantap untuk terjun dan menekuni olahraga yang disenanginya ini.

 

Terinspirasi dari Sang Idola

Ia mengaku mengidolakan Taufiq Hidayat karena tumbuh dan besar di zaman kejayaan Taufiq. Saat masih baru menekuni bulu tangkis, Ginting banyak menyaksikan betapa gemilangnya Taufiq dan membuat Ginting semakin terinspirasi. Bahkan ia menuturkan terbiasa bermain dengan gaya yang mirip sang idola seperti netting dan smash.

 

Rahasia Saat Bermain

Anthony Ginting mengungkapkan kalau ia tidak pernah mempunyai rahasia khusus dalam bermain selain fokus dan total. Mungkin ini telah tertanam sejak ia masih remaja. Bahkan saat anak seusianya ingin cepat pulang sekolah dan bermain, Ginting justru tidak sabar pulang untuk latihan bulu tangkis. Melatih teknik dan fisik adalah dua hal yang diseimbangkan oleh Ginting. (*)

Related Articles
Sport
Ganda Putra Ahsan/Hendra Juara di All England!

Sport
Piala Thomas-Uber Akan Jalani di Tengah Pandemi, Begini Protokol Kesehatannya...

Sport
Juara BWF World Tour Finals, Hendra/Ahsan Catat Sejarah Hebat