Current Issues

Perubahan Iklim Sebabkan Dua Pulau Di Sumsel Tenggelam

Saniah

Posted on January 17th 2020

Perubahan Iklim Sebabkan Dua Pulau Di Sumsel Tenggelam | (Hai Grid)

 

Dua pulau kecil di Sumatra Selatan telah menghilang sebagai akibat naiknya permukaan air laut yang dipicu oleh perubahan iklim. Sementara itu, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mengungkap, empat pulau lainnya akan segera menyusul.

Menurut data yang dimiliki Walgi, Pulau Betet dan Pulau Gundul, yang secara teknis berada di bawah administrasi Kabupaten Banyuasin, telah tenggelam dan masing-masing berada 1m dan 3m di bawah permukaan laut.

"Pulau-pulau ini tidak berpenghuni. Salah satu pulau, Betet, adalah bagian dari Taman Nasional Berbak-Sembilang," kata direktur eksekutif Walhi Sumatra Selatan Hairul Sobri.

Jika tidak ada upaya signifikan untuk mengatasi volume air di lautan yang terus meningkat, empat pulau lain di daerah dengan ketinggian kurang dari 4m di atas permukaan laut terancam akan ikut tenggelam cepat atau lambat.

Keempat pulau tersebut adalah Pulau Burung, yang saat ini masih berada di atas permukaan laut; Pulau Kalong dan Pulau Salah Namo, keduanya saat ini masih 2m di atas permukaan laut; dan Pulau Kramat, yang berada 3m di atas permukaan laut.

Menurut Walhi, sekarang ada 23 pulau kecil yang terletak di lepas pantai timur Banyuasin, Sumatra Selatan. Beberapa pulau tidak dihuni, sementara yang lainnya, termasuk Pulau Salah Namo, memiliki beberapa warga yang menetap di pulau tersebut.

Syahrul sebagai kepala lingkungan di Pulau Salah Namo mengatakan sebagian besar penduduk sudah tahu bahwa air laut yang naik dapat menenggelamkan pulau mereka. Karena itu sebagian besar warga telah memindahkan rumah mereka puluhan meter dari lokasi awal.

Peningkatan permukaan air laut ini didorong oleh perubahan iklim, yang datang dengan global warming, terutama mengancam negara-negara kepulauan seperti Indonesia, di mana jutaan orang tinggal di daerah pantai dataran rendah yang tersebar di sekitar 17.000 pulau. (*)

Related Articles
Portrait
Cerita Nina, Siswi SMP Gresik yang Diskusi Sampah Plastik bareng Dubes Jerman

Current Issues
Akibat Climate Change, Beruang Kutub Makin Kurus dan Susah Berkembang Biak

Current Issues
Bisa Selamatkan Bumi, IMF Sebut Satu Paus Setara dengan Seribu Pohon