Current Issues

Hari ini 91 Tahun yang Lalu: Karakter Popeye Pertama Kali Debut

Regina

Posted on January 17th 2020

Karakter Popeye Pertama Debut 17 Januari 1929 (Montana Public Radio)

 

Kata Popeye si pelaut, tut..tut...

Hayo siapa yang baca ini sambil nyanyi? Anak-anak 90an pasti kenal dengan seorang pelaut kekar dan suka makan bayam. Siapa lagi kalau bukan Popeye!

Tahu nggak, tanggal 17 Januari merupakan hari bersejarah bagi Popeye? Nah, sebelum Popeye beken di televisi di seluruh dunia, Popeye merupakan karakter yang diangkat dari sebuah komik strip loh! Pada 17 Januari 1929, karater Popeye debut pertama kali. Karakter yang dibuat oleh Elzie Crisler Segar itu pertamanya dikenal sebagai komik strip ‘Trimble Theater’ di sebuah surat kabar Victoria.

Cerita Popeye yang di-blow-out dalam serial televisi kebanyakan soal aksi kebaikannya melawan penjahat. Popeye juga menghajar Brutus yang selalu menculik Olive, kekasihnya. Tapi rupanya, dalam komik strip tokoh Popeye bukanlah karakter utama. Selama sepuluh tahun ‘Trimble Theater’ menceritakan kehidupan Olive Oyl dengan kekasihnya Harold Hamgravy.

Kemudian Olive juga memiliki saudara bernama Castor, dan ayah ibunya Cole dan Nana. Selama sepuluh tahun, karakter tersebut menjadi hiburan bagi para penikmat komik. Kemudian, Elzie menambahkan karakter lain, yakni Popeye sang nahkoda laut.

Namun, karakter Popeye lebih disukai dan menjadi populer. Kemudian, Elzie pun lebih fokus pada cerita Popeye. Demi menyenangkan pembaca, karakter Harold Hamgravy berubah menjadi Popeye.

Selain itu, ada fakta unik tentang Popeye. Yaitu, Popeye merupakan karakter yang mampu meningkatkan konsumsi bayam di Amerika serikat. Sekitar 33 persen konsumsi bayam di Amerika meningkat. Bayam jadi makanan favorit anak-anak nomor tiga di sana.

Tidak hanya itu, karakter Popeye adalah karakter pertama yang dibuatkan patung. Patung Popeye itu dipasang di Crystal City, Texas tahun 1937 untuk memperingati kesuksesan industri bayam kala itu. Patung tersebut dibuat oleh Jeff Koons, sekarang sudah dibeli oleh Steve Wynn seharga USD 28 juta.

Itu lah sedikit banyak certia soal karakter Popeye. Ternyata karakternya sangat mempengaruhi dunia saat itu. (*)

Related Articles
Current Issues
On This Date: 14 Februari 2005, YouTube Bermula dari Situs Kencan Online

Current Issues
Selain Virus Corona, ini 5 Virus Mematikan yang Pernah Bikin Dunia Gempar

Current Issues
Asal-usul Dalgona Coffee yang Berawal dari Jajanan Masa Kecil Korea